Search

Cara Cerdas Pesantren Annuqayah Sumenep Kelola Sampah

Majalahaula.id – Berbagai upaya pengendalian sampah terus dilakukan guna menjaga kelestarian lingkungan. Termasuk mendaur ulang sampah menjadi bahan layak pakai. Seperti yang dilakukan Pondok Pesantren Annuqayah Daerah Lubangsa Guluk-Guluk Sumenep, Jawa Timur.

Sedari awal, pesantren yang berdiri sejak 1887 ini menyadari bahwa sampah yang tidak dikelola dengan baik akan mencemari lingkungan dan menjadi sarang penyakit.

“Sampah yang tidak dikelola akan mencemari lingkungan dan akan berpengaruh terhadap kesehatan. Selain itu, semakin banyak sampah yang tidak terkelola tentunya lambat laun tempat pembuangan sampah yang ada akan overload,” ungkap Faizatin, Ketua Pengurus Pesantren Annuqayah Lubangsa Putri, Senin (29/05).

Pernyataan Faizatin tentu berlandaskan pada fakta yang ada. Dimana setiap harinya, pesantren ini menghasilkan sampah sekitar 275,67 kilogram (kg). Dengan rincian sampah residu sebanyak 204,53 kg, sampah plastik daun 24,6 kg, sampah plastik keras: 15,27 kg, sampah kertas 24,12 kg, dan sampah organik 7,15 kg.

Baca Juga:  Menilik Aktivitas Ponpes Qomaruddin, Pondok Pesantren Tertua di Gresik

Kondisi ini pun membuat Pesantren Annuqayah Lubangsa harus membiasakan pola hidup para santri minim sampah. Salah satunya dengan penggunaan wadah tidak sekali pakai untuk makan dan minum sehari-hari. Kemudian juga selalu mengkampanyekan pentingnya pengendalian sampah di lingkungan pesantren maupun di luar.

“Kami meminimalisir penggunaan plastik daun, baik di dalam maupun di luar komplek dengan menggunakan wadah tidak sekali pakai dan mengkampanyekan pengendalian sampah di lingkungan pesantren maupun dj luar juga,” tambahnya.

Tidak cukup sampai di situ, Pesantren Annuqayah Lubangsa juga mengutus sejumlah santri untuk belajar pengolahan sampah di Desa Panggungharjo, Bantul, Yogyakarta. Sepulang dari Sekolah Ekologi itu, kemudian dibentuklah Unit Pelaksana Tugas (UPT) Jatian yang fokus mengolah sampah pesantren.

Baca Juga:  Buntet Pesantren Pernah Dihujani Bom oleh Belanda

“UPT Jatian ini dimaksudkan untuk mengolah sampah yang dihasilkan santri secara mandiri, bertanggung jawab dan berkelanjutan. Sebagaimana yang telah kami proyeksikan ke depan,” terang Faizatin.

Proses Pengolahan Sampah

Wakil Ketua (Waka) III Pengurus Pesantren Annuqayah Lubangsa Putri, Eva Yuliana menyebutkan bahwa UPT Jatian ini dikelola oleh 20 orang santri. Terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, Transporter, Unit Pilah, Unit Olah dan Unit Karbonasi untuk sampah residu.

“Pemilahan sampah ini dilakukan 2 kali dalam sehari. Pertama pukul 13.00-16.00 WIB dan malam hari dari pukul 21.00-22.30 WIB,” ungkap santriwati yang juga menjadi delegasi Sekolah Ekologi di Panggungharjo, Bantul, Yogyakarta itu.

Pengurus Koordinator Kebersihan Pesantren Annuqayah Lubangsa Putri, Siti Shafiyah mengatakan untuk tahap awal, pemilahan sampah dilakukan di masing-masing kamar santriwati berdasarkan jenisnya.

Baca Juga:  Digelar Hybrid, Santri Supercamp 2024 untuk Cetak Santri Berwawasan Kebangsaan

“Adapun sampah plastik daun yang masih layak pakai, akan didaur ulang menjadi kreasi handicraft atau kerajinan tangan. Sementara yang tak layak pakai akan dibawa ke UPT Jatian untuk dikelola,” pungkasnya.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA