Search

Sejumlah Kader Banser di Kalbar Perbaiki Jalan Rusak

Majalahaula.id – Sebuah ruas jalan konsasi di Desa Sungai Bakau Kecil menuju Desa Bakau Kecil yang berada di Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar) tampak rusak. Jalan tersebut dikeluhkan masyarakat karena becek dan berlubang dan membuat pengendara harus ekstra hati-hati. Bahkan hingga kini sudah kerap ada laporan terjadi kecelakaan imbas jalan yang tidak layak.

Untuk mengurangi resiko keselamatan pengguna jalan karena jalan berlubang, Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Barisan Ansor Sebaguna (Banser) Kecamatan Mempawah Timur melakukan aksi sosial dengan gotong royong. Yang dilakukan adalah dengan memperbaiki jalan di sekitar wilayah jalan yang rusak.

Syaiful salah satu Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ansor Kecamatan Mempawah Timur mengungkapkan, sebagai awalan tim relawan Banser melakukan penandaan pada jalan rusak di wilayah tersebut. “Sementara ini kami masih melakukan penandaan jalan yang berlubang kemarin. Insyaallah, selanjutnya kami akan melakukan iuran untuk pembelian material dan akan dilaksanakan perbaikan jalan sementara,” katanya, Jumat (26/05/2023).

Baca Juga:  Bantu Pemudik, Ansor di Jawa Barat Dirikan Posko

Syaiful menjelaskan, perbaikan jalan bersifat sementara itu membutuhkan anggaran yang cukup besar. Oleh sebab itu, yang dapat dilakukan Banser adalah memastikan jalanan tidak terlampau parah dan membahayakan penggunan jalan. Dan diharapkan penanganan yang lebih baik dilakukan pemerintah setempat dengan memastikan kondisi jalan layak dilemawi warga. “Perbaikan ini nantinya hanya sementara. Ini dilakukan sambil menunggu perbaikan resmi dari pemerintah sesuai dengan standar jalan yang ditentukan,” katanya.

Pihaknya berharap, aksi sosial yang dilakukan tim relawan Banser mampu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan yang disebabkan jalan berlubang. “Kami berharap Ansor dan Banser bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat khususnya untuk Nahdliyin. Karena, menyingkirkan duri di jalan saja bernilai pahala, apalagi memperbaiki jalan rusak. Tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi sesama,” ungkapnya. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA