Search

Kenali Tipe Pembeli untuk Kembangkan Bisnis

Majalahaula.id – Tipe pembeli menjadi hal penting yang harus dipahami untuk mengembangkan produk bisnis. Sebagai penjual kamu harus paham bagaimana cara yang tepat untuk berkomunikasi dengan konsumen.

Seperti halnya dalam melakukan promosi produk, supaya pesan bisa diterima dan dipahami sesuai dengan tujuan dari komunikasi pemasaran yang kamu lakukan. Buatlah konsumen kamu merasa istimewa.

Sebagai pembisnis kamu harus mengenali tipe pembeli. Berikut tipe pembeli secara umum yang akan kamu temui dilansir dari laman bisnisukm.com.

1. Pembeli Baru

Pelanggan tipe ini adalah mereka yang baru pertama kali membeli produk di tokomu. Jenis pelanggan baru ini memiliki peluang untuk menjadi pelanggan setia di masa depan. Oleh karena itu, meskipun mereka telah membeli produk bisnismu, Kamu perlu tetap memperhatikan mereka agar dapat kembali berbelanja di tokomu.

Baca Juga:  Perbanyak SPBU Nelayan di Indonesia

Dalam menghadapi tipe pelanggan baru, Kamu dapat memberikan layanan yang terbaik untuk mereka kembali berbelanja di tokomu hingga meninggalkan impresi yang baik. Misalnya seperti memberikan informasi produk yang lengkap dan memberikan pelayanan yang ramah dan responsif, hingga menawarkan pengiriman yang cepat.

2. Pecinta Harga Murah

Ciri-ciri pembeli ini adalah orang yang tidak mau membayar nominal tertentu untuk barang yang mereka tahu harganya tidak sebesar itu. Tapi konsumen pecinta harga murah rela membayar nominal dengan harga yang sama jika ada diskon 50 persen. Tipe pelanggan ini punya kebiasaan membeli secara spontan. Strategi yang tepat untuk menjaring konsumen seperti ini adalah dengan menempatkan promosi di banyak jenis produk.

Baca Juga:  Kisah Sukses Penjual Mukena UMKM Asal Tasikmalaya

3. Pembeli Loyal

Konsumen loyal adalah tipe pembeli yang harus kamu pertahankan dan diberikan layanan yang terbaik. Jika ingin menjaring pelanggan setia lebih banyak lagi, susunlah strategi supaya mereka mau terus membeli berulang kali hingga menjadi pelanggan tetap.

Cara menarik perhatian tipe pembeli ini adalah dengan memperlakukan mereka special, merasa senang ketika kamu perhatikan, karena mereka merasa dihargai.

4. Pembeli Potensial

Tipe pembeli ini mereka sebenarnya belum membeli produk kamu. Tapi mereka memiliki potensial untuk melakukan pembelian. Bagaimana supaya tipe pembeli ini segera melakukan pembelian ?

Berikan pancingan pada kelompok konsumen potensial dengan promosi berupa diskon harga yang berlaku dalam tenggat waktu yang singkat. Istilahnya adalah flash sale. Melalui car aini ada kemungkinan besar mereka akan melakukan pembelian.

Baca Juga:  Peluang Usaha di Momen Valentine

5. Pembeli Implusif

Pembeli implusif bukan hanyabisa dipengaruhi dari segi harga, namun juga dari sisi kemudahan dan layanan yang diberikan. Usaha untuk mengambil perhatian pembeli implusif tidakcukup sulit. Kamu tidak perlu melakukan promosi, pembeli ini hanya suka diberikan layanan yang baik.

Misalnya saat ditanya tentang ketersediaan barang, membalasnya dengan cepat dan jelas. Kemudian membayar di tempat juga turut mempengaruhi mereka untuk segera melakukan transaksi.

Yuk, semangat terus untuk kembangkan bisnismu!

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA