Search

Kemenag Sidoarjo Pastikan Pesantren Darussalamah Berpaham Aswaja

Majalahaula.id – Kasi PD Pontren Kantor Kemenag Kabupaten Sidoarjo, Moh Sholehuddin melakukan visitasi ke Pondok Pesantren Darussalamah Kecamatan Krian, Rabu (23/5/2023) siang.

Visitasi itu dalam rangka memberikan piagam izin ke Pondok Pesantren Darussalamah.

Piagam izin yang diberikan merupakan legalitas lembaga, dan kesediaan pesantren mengajarkan paham ahlus sunnah wal jamaah.

Dalam kegiatan itu, Sholehuddin menyerahkan SK Pembaruan dan Piagam Izin Ponpes Darussalamah pada pimpinan pondok pesantren Darussalamah Krian, Nyai Hj. Mahsunah.

Selain itu, Kantor Kemenag Kabupaten Sidoarjo juga melakukan peninjauan izin operasional madrasah diniyah Darussalamah.

Dalam sambutannya, Sholehuddin mengharapkan pesantren yang telah resmi terdaftar di Kementrian Agama RI mampu mengembangkan lembaga dan menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Baca Juga:  Kemenag: Pesantren Wajib Berkomitmen Lawan Kekerasan Seksual

“Pesantren telah terbukti menghasilkan SDM yang berkualitas dan mampu berkiprah untuk kemaslahatan bangsa. Semoga Ponpes Darussalamah yang berpaham ahlus sunnah wal jamaah mampu meningkatkan pengelolaan lembaga pendidikan berbasis pesantren semakin maju,” kata Sholehuddin.

Sementara itu, Mahsunah menegaskan bahwa kurikulum Darussalamah mengajarkan kitab kuning berpaham ahlus sunnah wal jamaah.

“Sejak berdiri 1993, Ponpes Darussalamah krian senantiasa mengajarkan paham ahlus sunnah wal jamaah dan cinta NKRI,” kata Mahsunah.

Tentang Pesantren

Darussalamah, adalah nama sebuah Pondok Pesantren yang dipilih oleh KH Mustafid Munawwir menjadi identitas Pesantren dan Sekolah. Terletak di selatan Pasar Krian, bersebelahan dengan Stasiun KA, Kabupaten Sidoarjo. Awal mula berdiri Pondok Pesantren Darussalamah berkaitan erat dengan kepindahan dan menetapnya KH Mustafid Munawwir ke desa Katerungan tahun 1980 M.

Baca Juga:  PCINU Malaysia Luncurkan Pesantren NU An Nadhah

Pondok Pesantren Darussalamah berkembang menjadi pusat studi Islam di Jawa Timur. Diantaranya memiliki unit pendidikan yang lengkap mulai jenjang SD, SMP dan SMA. Salah satu keunggulannya terletak pada Pendidikan Diniyah, Pondok Pesantren Darussalamah ikut berperan mendorong lulusannya agar istiqomah dalam menyebarkan ilmu dan agama Islam.

Sebagai Pusat pendidikan Islam, Pondok Pesantren Darussalamah mencetak generasi bangsa yang cerdas spiritual, juga cerdas intelektual, memiliki life skill, juga pemahaman Islam yang otentik. Pondok Pesantren Darussalamah memadukan antara tradisi yang mampu mengisi kemodernitasan dan terbukti telah melahirkan banyak lulusan yang saleh keagamaan, sekaligus saleh sosial.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA