Search

Hasyim Asy’ari Verifikasi Administrasi bagi Bacaleg

Majalahaula.id – Perlahan namun pasti, tahapan Pemilihan Umum 2024 terus bergulir. Yang terbaru adalah telah dipenuhinya bagi 18 partai politik peserta pemilu yang akhirnya beres melakukan pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) ke KPU RI, tepat pada hari terakhir pendaftaran, Ahad (14/05/2023).

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, menegaskan bahwa sesuai Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2023, pihaknya akan melanjutkan pencalegan dengan penelitian dokumen persyaratan yang telah diserahkan selama masa pendaftaran. Tahapan verifikasi administrasi ini berlangsung mulai 15 Mei hingga 23 Juni 2023.

“Ada dua kategori yang digunakan untuk penilaian atau penelitian, yang pertama, kebenaran dokumen persyaratan dan juga keabsahan dokumen persyaratan,” kata Hasyim dalam jumpa pers, Ahad malam.

Baca Juga:  Retno Marsudi Bacakan Puisi Berjudul Palestina Saudaraku

Disampaikannya, tahapan berikutnya proses verifikasi dilakukan demi memastikan bahwa beberapa nama yang diusulkan untuk menjadi wakil rakyat sesuai ketentuan. Dengan demikian, bagi yang dianggap kurang memenuhi syarat akan dilakukan perbaikan. “Pada masa verifikasi atau penelitian dokumen administrasi itu yang akan digunakan kategori penilaian itu apakah dokumennya sudah benar dan sah atau belum?” kata dia.

Hasyim melanjutkan, apabila ada dokumen yang belum benar dan sah, maka partai politik diberi kesempatan untuk memperbaiki dokumen tersebut pada masa perbaikan. Dengan demikian, masih terbuka kemungkinan bagi yang bersangkutan atau partai politik pengusul untuk melengkapi berkas yang ada sesuai ketentuan yang ada.

Sebelumnya diberitakan, Partai Buruh menjadi partai politik terakhir yang mendaftarkan bacaleg DPR RI, Ahad (14/05/2023) malam. Yang menarik, partai ini sempat membawa mesin printer ke kantin KPU RI beberapa jam sebelum mendaftar secara resmi, untuk mencetak beberapa dokumen.

Baca Juga:  Sri Mulyani Indrawati Pastikan APBN Alami Surplus

Sedangkan partai politik yang pertama mendaftarkan bacaleg adalah PKS, Senin (08/05/2023) atau sepekan setelah pendaftaran dibuka pada Senin (01/05/2023). Rabu (10/05/2023), giliran Partai Hanura yang mendaftarkan bacalegnya. Kamis (11/05/2023), giliran PDI-P, Nasdem, Ummat, dan Garuda yang mendaftarkan bacalegnya. Jumat (12/05/2023) PAN dan PPP, sedangkan Sabtu (13/05/2023) PBB, Gerindra, dan PKB.

Seperti dijelaskan bahwa tahapan berikutnya sejumlah data yang ada akan dipastikan secara admisitratif. Bila sesuai ketentuan, maka diproses ke tahapan berikutnya. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA