Search

Wilda Siti Nurfadhilah Sugandi Jilbabnya Jadi Perhatian Dunia

Majalahaula.id – Atlet Timnas Voli Putri Indonesia ini menjadi perbincangan publik usai bertanding di SEA Games 2023 di Kamboja. Wilda jadi sorotan usai akun voli dunia di Instagram @volleyballworld mengunggah sosoknya dan mengomentari penampilannya yang beda yaitu mengenakan hijab.

Dalam unggahan itu, pevoli Wilda disebut sebagai bintang, pencetak sejarah dan pioner bagi bola voli Indonesia. Foto tersebut memperlihatkan Wilda saat bertanding dengan menggunakan hijab. “Di SEA Games dia adalah salah satu atlet voli putri pertama yang mengenakan hijab ketika bertanding,” tulis keterangan foto di akun @volleyballworld.

Dirinya memimpin klub Bandung BJB Tandamata meraih gelar Proliga. Dalam sebuah wawancara dengan FIVB.com, Wilda berbicara tentang normalisasi mengenakan hijab di lapangan dan bisnis mode yang dikembangkan. Dan dalam kesehariannya Wilda bukan sekadar atlet voli, juga memiliki bisnis hijab dengan nama brand @fadhilahijab17. Wilda membuat desain hijab khusus untuk olahraga.

Baca Juga:  Nadiem Makarim Tetap Lanjutkan Sistem Zonasi

Ia mulai bermain bola voli pada usia sembilan tahun, setelah orang tuanya memperkenalkan pada olahraga tersebut. Dia mewakili Indonesia untuk pertama kalinya pada 2010, saat usianya baru 15 tahun. Wanita yang mempunyai 1 juta Followers di Instagram itu bergabung dengan BJB Bandung Tandamata pada 2016. Pada 2017 sosoknya sudah mencuri atensi di SEA Games. Dia menjadi atlet bola voli wanita pertama yang mengenakan hijab saat berkompetisi, satu tahun setelah Doaa Elghobashy dari Mesir mengenakan jilbab di pasir di Olimpiade Rio 2016 menyusul perubahan aturan seragam progresif oleh FIVB pada tahun 2012.

“Tidak selalu mudah mengenakan hijab di lapangan voli. Saya mengalami beberapa tanggapan negatif di awal, tetapi saya bertekad untuk memakainya karena ini adalah bagian penting dari identitas saya dan apa yang saya rasa paling nyaman bermain bola voli. Orang-orang sudah terbiasa sekarang sehingga saya tidak menghiraukan komentar negatif, saya hanya menerima cinta dari penggemar voli yang luar biasa!” ucap Wilda.

Baca Juga:  Taufik Hidayat Mentor untuk Jojo dan Ginting Jelang Olimpiade

Dia sadar tidak banyak toko yang menjual hijab untuk olahraga. Jadi akhirnya memutuskan merancang dan membuat hijab merek sendiri, ternyata banyak yang suka. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA