Search

Cara Meningkatkan Penjulan Bisnis Ritel

Majalahaula.id – Banyak hal yang perlu diperhatikan oleh pelaku bisnis ritel dalam mempertahankan performa perusahaannya, salah satunya, dengan cara meningkatkan penjualan. Untuk meningkatkan penjualan, banyak hal yang dapat dilakukan dan diterapkan pada bisnis ritel yang Anda kelola. Berikut adalah cara meningkatkan penjualan bisnis ritel.

1. Utamakan Kualitas Produk dan Pelayanan

Mengutamakan kualitas produk atau jasa yang dijual secara baik dan konsisten, pelanggan akan merasa puas dan percaya dengan produk atau jasa yang mereka beli. Tak hanya itu, dengan memertahankan kualitas produk atau jasa yang dijual, secara perlahan bisa meningkatkan brand loyalty pada pelanggan, sehingga, jika kedepannya ada perubahan harga, pelanggan akan tetap memilih produk atau jasa yang kamu tawarkan karena percaya dengan kualitasnya.

Baca Juga:  UMKM Denpasar Diharap Masuk Jejaring UNESCO

2. Ada untuk pelanggan

Ada baiknya, berikan keleluasaan pada pelanggan untuk melihat-lihat dan memilih produk atau jasa yang dijual. Akan tetapi, kamu harus selalu siap melayani saat pelanggan memerlukan penjelasan lebih lanjut tentang produk. Selain itu, bangun suasana yang nyaman ketika melakukan interaksi dengan pelanggan, guna meningkatkan pengalaman mereka saat membeli produk atau jasamu.

3. Meningkatkan Jumlah Barang atau Jasa

Anda dapat menggunakan teknik upselling untuk membuat pelanggan membeli barang atau jasa tambahan di luar apa yang mereka awalnya beli. Melakukan teknik upselling dapat dilakukan pertama, dengan menawarkan barang atau jasa serupa namun dengan harga yang lebih tinggi namun dengan kualitas yang tentunya lebih baik.
Kedua, merekomendasikan barang atau jasa lain yang tidak serupa namun mendukung atau melengkapi barang atau jasa yang semula dipilih. Teknik ini sering disebut dengan teknik cross selling.

Baca Juga:  Penghargaan 10 UMKM dan Fasilitator Terbaik

4. Memberikan promo

Memberikan promo bisa dalam bentuk potongan harga, beli satu gratis satu, dan lainnya. pilihlah teknik promo yang cocok untuk barang atau jasa Anda. Promo akan meningkatkan urgensi bagi pelanggan untuk membeli sebelum masa promo berakhir.

5. Memanfaatkan Teknologi

Para pelaku usaha bisa memanfaat teknologi untuk pemasaran digital. Selain itu, untuk memudahkan proses berjalannya bisnis ritel, kamu juga bisa menggunakan teknologi seperti software akuntansi online yang menyediakan beberapa layanan.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA