Search

Ta’aruf Klik Ajang Pencarian Jodoh Digelar Kemenag Surabaya

Majalahaula.id – Kementerian Agama Kota Surabaya menggelar Ta’aruf Klik di Masjid Jenderal Sudirman Jalan Manukan Jaya Blok 20, Kelurahan Manukan Kulon, Kecamatan Tandes, Kota Surabaya. Acara ini diikuti sebanyak 280 peserta yang terdiri dari pria dan wanita dengan usia 20 sampai 78 tahun.

Ustadzah Nurul Rahmawati selaku Koordinator Keluarga Sakinah Penyuluh Agama Islam PNPNS Kemenag Surabaya menyampaikan, acara yang digelar tersebut merupakan sesi ta’aruf keenam yang diikuti para gadis, jejaka, duda, serta janda. Disebutkan, mereka berasal dari Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Lamongan, Tuban, dan Malang.

“Diharapkan para jomblo yang mengikuti acara ini dapat segera mendapat jodoh,” ungkapnya saat ditemui usai acara, Ahad (7/5/2023).

Ustadzah Nurul menerangkan, program ta’aruf yang dibuka sejak tahun 2021 itu mendapat respons baik dan terus diminati masyarakat. Hal tersebut tidak lain untuk menggapai impian membangun sebuah keluarga yang sakinah mawaddah warohmah.

Baca Juga:  Jamaah Sakit Berniat dan Kenakan Ihram dari KKHI saat Dievakuasi ke Makkah

“Kami membuka program ini adalah untuk menikah, bukan untuk main-main ataupun untuk say hello, kenalan saja. Jadi, kami dengan program ini paling tidak menjembatani mereka untuk segera menikah,” tegasnya.

Lebih lanjut, Ustadzah Nurul menjelaskan cara bagaimana para jomblo mengikuti program ta’aruf. Pertama, wajib mengisi link yang diberikan oleh panitia, setelah itu lanjut pada sesi ta’aruf dimana seluruh peserta dipertemukan dalam satu tempat dan mereka diminta untuk mengisi nama dari peserta yang diminati untuk lajut pada Ta’aruf Klik. Jika sudah ada jawaban, baru diajukan lamaran dan pernikahan.

“Kami akan mengawalnya sampai proses pernikahan. Memang ada beberapa usulan bagaimana kalau lamaran dan pernikahan teman-teman Kemenag yang memfasilitasi. Jadi, kami berharap dapat mengadakan pernikahan gratis bagi orang yang kurang mampu, namun ini masih rencana dan sedang diajukan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Bencana Tak Kunjung Usai, Ini Harapan Wakil Ketua DPRD Jatim

Salah satu peserta ta’aruf, Diah Rahmawati yang merupakan karyawan swasta di Surabaya mengatakan, setelah memilih pilihannya itu berharap ada tindak lanjut dari peserta yang diminati dan segera melanjutkan ke jenjang pernikahan.

“Kriteria yang diinginkan sebenarnya gak muluk-muluk ya, pokoknya bertanggung jawab. Insyaallah ada, tadi masing-masing peserta disuruh menulis pilihannya. Semoga dapat jodoh dan disegerakan lanjut ke pernikahan,” ungkap Diah.

Di tempat yang sama, peserta lain bernama Kadui (49) berharap setelah mengikuti sesi ta’aruf dapat segera menemukan jodoh. “Kriteria yang penting baik, dikasih gadis alhamdulillah, dikasih janda juga tidak masalah,” ungkap pria yang mengaku berstatus duda itu.

Sementara Ketua Takmir Masjid Jenderal Sudirman, Hamdan mengatakan kerja sama dengan Kemenag Kota Surabaya diharapkan dapat berlanjut dengan berbagai program lainnya.

Baca Juga:  Pengurus Banyak yang Doktor, MWC NU Ngaliyan Semarang Mirip PWNU

“Kami selaku takmir memang punya program internal maupun eksternal. Salah satu kerja sama kita antara Kemenag Kota Surabaya dari sisi eksternal, jadi bagaimana masjid kami dalam rangka memakmurkan,” ungkapnya.

Hamdan menyebut beberapa kegiatan masjid yang bakal diselenggarakan dalam waktu dekat, yakni donor darah dan pengobatan rukyat. Pada kegiatan tersebut mengundang ahli rukyat dengan peserta warga Kota Surabaya.

“Kami masih menyesuaikan jadwalnya, setelah kemarin hari raya Idul Fitri ada kegiatan halal bihalal, insyaallah kegiatan donor darah maupun pengobatan rukyat digelar tiga bulan ke depan,” tandasnya. (Lina/Hb)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA