Search

Malang Plaza Kebakaran, Api Padam Setelah 12,5 Jam Berkobar

Majalahaula.id – Malang Plaza yang beralamat di Jalan KH Agus Salim Nomor 28, Malang mengalami kebakaran pada Selasa (2/5/2023) dini hari sekira pukul 01.20 WIB. Kebakaran hebat di Malang Plaza yersebut menyebabkan puluhan toko hangus. Kobaran api dapat dipadamkan setelah dilakukan pendinginan selama kurang lebih 12,5 jam oleh tim pemadam kebakaran dan relawan.

Kepala Satpol PP Kota Malang, Heru Mulyono memastikan, sekitar pukul 13.30 WIB api dinyatakan sudah padam. Petugas pemadam kebakaran dan relawan yang melakukan pemadaman di Malang Plaza juga sudah ditarik keluar dari lokasi kejadian.

“Kondisinya sudah selesai jam setengah dua, kita nyatakan pemadaman sudah selesai. Kondisi lantai satu, dua maupun tiga sudah tidak ada bara api,” ujarnya kepada awak media, Selasa (02/5/2023).
Sementara Wali Kota Malang Sutiaji yang ikut memantau proses pemadaman kebakaran Malang Plaza menuturkan, berdasarkan informasi yang diperoleh api berasal dari gedung bioskop lantai tiga. “Informasi yang kami dapat sementara api berasal dari gedung bioskop di lantai tiga,” kata Sutiaji.

Baca Juga:  UKM Seni Budaya UINSA, Tetap Berkarya Di Masa Pandemi

Di sisi lain, warga Kota Malang bernama Indah menceritakan, situasi itu cukup mengejutkan warga karena kebakaran Malang Plaza terjadi ketika orang-orang sedang tertidur lelap. Warga yang tinggal di Jalan Zainul Arifin Malang ini menyebutkan, warga yang sedang terlelap langsung bangun dan keluar dari rumah masing-masing. Kemudian oleh petugas diminta untuk mengungsi.

Indah yang jarak rumahnya 200 meter dari lokasi kejadian mengaku sebelum mengungsi sempat melihat kobaran api. Sebelum ia mengungsi kobaran api sudah membesar dan membumbung sampai ke atas.

“Awalnya warga tidak langsung panik saat kebakaran terjadi karena api belum merembet ke perkampungan mereka. Namun setelah api semakin besar warga berbondong-bondong keluar dari rumahnya,” ungkapnya.(Hb)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA