Search

MI NU KH Mukmin Sidoarjo Bertekad Siapkan Pemimpin Bangsa

Majalahaula.id – Madrasah Ibtidaiyah (MI) NU KH Mukmin merupakan madrasah yang tidak asing bagi warga Nahdlatul Ulama atau Nahdliyin Sidoarjo. Sebab, madrasah yang beralamat di Jalan KH Mukmin nomor 39 Sidokare, Sidoarjo itu merupakan salah satu lembaga pendidikan tertua yang ada di Sidoarjo, yakni berdiri tahun 1927, tepat setahun pasca organisasi kemasyarakatan Nahdlatul Ulama didirikan.

Madrasah ini semakin dikenal khalayak pasca meraih juara 1 di ajang PWNU Jatim Award 2023 kategori madrasah tingkat dasar (SD/MI) berafiliasi NU se Jawa Timur. Anugerah tersebut digelar PWNU Jatim yang pada edisi kelima tahun 2023 puncaknya dipusatkan di Aula Muktamar Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Sabtu (18/03/2023) lalu.

Baca Juga:  Siswa di Banyumas Ciptakan Game Toleransi

MI NU KH Mukmin bertekad menyiapkan pemimpin bangsa di masa depan. Untuk itu, sarana dan prasarana madrasah terus dilengkapi. Hingga akhirnya tahun 2022 MI KH Mukmin mendapat akreditasi A. Jadi pondasi untuk mencetak generasi NU yang kuat lahir dan batin.

“Visi MI KH Mukmin adalah mewujudkan generasi Islam yang beriman berdasarkan Aswaja an-Nahdliyah, berakhlakul karimah, berilmu, dan berjiwa kebangsaan,” kata Kepala MI KH Mukmin Sidoarjo, Anis Faridah.

Sedangkan visi lembaga pendidikan yang dinaungi Badan Penyelenggara Pendidikan (BPP) Ma’arif NU ini adalah mendidik siswa untuk senantiasa berpegang teguh pada ajaran Islam seutuhnya dan mengamalkan ajaran Aswaja an-Nahdliyah, mendidik siswa berakhlak mulia, teladan, toleran dan memberi pengajaran yang efektif. Serta menanam jiwa nasionalisme.

Baca Juga:  Lima Mahasiswi Unzah Raih Medali Emas di Ajang Internasional

“Adapun fasilitas yang dimiliki antara lain 18 kelas dengan smart TV dan AC, lab komputer, perpustakaan digital, studio musik, kantin, koperasi, dan lapangan olahraga,” terangnya.

Tak cukup itu, sejak 2019 pihaknya sudah menerapkan digitalisasi 4.0 guna mempermudah peserta didik dan wali murid untuk mengakses segala administrasi dan informasi akademik. Digitalisasi yang sudah dimiliki adalah E-Payment, E Monitoring, E Library, dan E Learning. “Hal ini akan mendorong bapak/ibu guru untuk lebih kreatif dalam membuat media pembelajaran,” katanya.

MI KH Mukmin memiliki tiga program unggulan yakni pendidikan karakter, pendidikan IT, dan literasi. “Ini tidak lain agar para siswa terbiasa membaca dan merangsang peserta didik untuk berpikir kritis dan kreatif,” ujarnya.

Baca Juga:  Partisipasi Kampus dalam Penurunan Stunting

MI KH Mukmin juga memilik banyak ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh siswa sesuai bakatnya. Di antaranya adalah pramuka, banjari, qira’ah, melukis, paduan suara, teater, kaligrafi, menulis, musik, catur, pencak silat, multimedia, dan futsal. (Hb)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA