Search

Tips Hadapi Peningkatan Pesanan Selama Ramadlan

Majalahaula.id – Bukan hal baru kalau bulan Ramadlan adalah kesempatan emas bagi para pelaku usaha termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan penjualan.

Pendiri Pisang Goreng Madu Bu Nanik, Nanik Soelistiowati, dan pendiri Imunlimun Yulia Rahmayanti dalam acara yang diadakan Paxel di Jakarta, membagikan beberapa kiat agar UMKM sukses menghadapi peningkatan pesanan selama Ramadlan.

1. Pahami waktu yang tepat

Nanik mengatakan bahwa salah satu rahasia sukses bagi usahanya adalah memahami waktu yang tepat agar dapat melakukan langkah-langkah yang tepat guna memenuhi permintaan pelanggan yang meningkat selama Ramadhan.

“Kita udah tahu timing-nya. Misalnya kalau sudah lewat jam 12 kita harus sudah mulai siap-siap untuk (melayani pelanggan) pada jam 4 atau jam 5 sore karena pesanan akan melonjak menjelang jam buka puasa,” kata Nanik.

Baca Juga:  Pentingnya Kolaborasi UMKM Tembus Pasar Internasional

2. Bangun komunikasi yang baik dengan pelanggan

Saat pesanan meningkat, tak menutup kemungkinan proses operasional menjadi agak terlambat. Yulia mengatakan, komunikasi yang baik dengan pelanggan akan sangat membantu menghindari salah paham dan rating yang buruk terhadap usaha yang sedang dijalani.

“Misalnya sekarang, kan, lagi ramai hampers (bingkisan). Kalau hampers itu kan agak ribet karena banyak perintilannya, seperti menyusun buah dan hiasan-hiasannya, sehingga pengirimannya paling H+1. Ini harus dikomunikasikan ke pelanggan. Tetap di-update (perbarui kabar) terus ke pelanggan kalau ada kendala,” kata Yulia.

3. Tetap pertahankan kualitas

Yulia juga mengatakan bahwa meskipun pemesanan menjadi meningkat selama Ramadhan, penjual harus tetap mempertahankan kualitas agar pelanggan tidak kecewa. Hal itu penting karena rating yang baik akan sangat membantu pertumbuhan usaha.

Baca Juga:  OJK Terapkan Kebijakan Dorong Pendanaan UMKM

4. Manfaatkan teknologi

Terakhir, baik Nanik maupun Yulia menyarankan pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi termasuk dalam melakukan pengiriman barang ke pelanggan. Nanik dan Yulia mempercayakan pengiriman produk usaha mereka menggunakan Paxel.

Alasan memilih ekspedisi tersebut adalah karena mereka memiliki truk yang dilengkapi freezer sehingga menjamin kualitas dan keamanan makanan dan menyediakan garansi jika ada keterlambatan pengiriman atau barang rusak.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA