Search

Meneladani Upaya Menggerakkan Kebaikan dari Para Wali

Majalahaula.id – Ziarah merupakan tradisi khas yang usianya sudah sangat tua di Indonesia. Umumnya, selain ziarah ke makam leluhur, kini ziarah kerap dijadikan salah satu daya tarik wisata, yakni wisata religi.

Bulan Ramadlan kerap dijadikan momentum untuk melakukan perjalan spiritual bagi umat Islam. Salah satu daya tarik wisata religi di Indonesia adalah ziarah ke makam Wali Songo. Hal ini dilakukan sebagai bentuk mengenang para teladan dalam mengajarkan dan menyebarkan ajaran Islam di Indonesia.

Setidaknya ada 3 objek wisata religi Makam Wali Songo yang dikunjungi Paragon Corp, grup perusahaan asal Indonesia yang menaungi brand pioner kosmetik halal. Yakni, makam Sunan Ampel Surabaya, Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim atau yang dikena; sebagai Sunan Gresik dan Sunan Giri.

Baca Juga:  Wisata Bertema Luar Angkasa Bareng Astronaut di Bali

Head of Stakeholder Management Paragon, M. Adi Yasir Maulana menyampaikan, pada moment bulan suci Ramadlan tahun ini mengadakan festival mulai dari kunjungan 2000 masjid, silaturahmi ke pesantren, serta ziarah wali. “Jadi tujuannya itu kami belajar dari para sunan, para wali, bagaimana mereka menjalankan kebaikan di sekitarnya,” kata Yasir.

Menurut Yasir, dengan berziarah inilah yang kemudian akan menjadi bahan masukan, sekaligus jadi renungan, bahwa ada pelajaran yang luar biasa dari para wali dalam menggerakkan kebaikan di suatu wilayah. Bahkan, setelah meninggalnya pun masih memberikan dampak kebaikan sampai sekarang. Padahal, para wali meninggal sudah berabad-abad, ratusan tahun yang lalu. Tapi masih memberikan dampak luar biasa di masyarakat.

Baca Juga:  Melihat Keindahan Cappadocia, Destinasi Wisata Impian di Turki

Bagi Yasir, kunjungannya ke pondok pesantren dan ziarah makam wali ini dapat menjadi pelajaran bagaimana menggerakkan kebaikan. Bagaimana mereka seorang diri tapi bisa mendirikan komunitas atau dakwahnya diteruskan di masyarakat itu yang luar biasa.

Hal inilah yang kemudian sama, bagaimana Paragon Corp juga terus menggerakkan kebaikan hingga menjadi pioner halal lifestyle. “Kami cukup meneladani dan mengambil pelajaran yang sebanyak-banyaknya dari perjalanan ziarah Wali Songo ini,” imbuhnya.

“Insyaallah kami akan akan terus memberikan dampak impact dan bisa sedahsyat para Wali Songo itu,” tutupnya.(Lin)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA