Search

Pusat Produsen Produk Halal Dunia 2024

Majalahaula.id – Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap literasi masyarakat tentang ekonomi dan keuangan syariah meningkat seiring dengan penyelenggaraan kegiatan Jateng Halal Fair (JHF) 2023 oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Melalui acara ini kiranya tingkat literasi masyarakat terhadap ekonomi dan keuangan syariah bertumbuh lebih baik lagi, sekaligus mampu mendorong bangkitnya pelaku usaha ekonomi dan keuangan syariah,” ujar Wakil Presiden (Wapres) K.H Ma’ruf Amin ketika membuka Jateng Halal Fair (JHF) 2023, di Alun-alun Masjid Kauman Semarang, Jateng, Senin.

Wapres juga meminta potensi dan perkembangan yang ada terkait ekonomi dan keuangan syariah terus dikomunikasikan sehingga menjadikan ekonomi dan keuangan syariah yang inklusif menjadi bagian dari kegiatan keseharian masyarakat.

“Saya harap kegiatan Jateng Halal Fair dapat berkelanjutan dan menjadi bagian penting untuk mewujudkan Indonesia sebagai Pusat Produsen Produk Halal Dunia pada tahun 2024,” pesan Wapres.

Baca Juga:  Kesejahteraan Produsen Jamu Tradisional Terhambat Perizinan

Wapres pun memuji antusiasme masyarakat yang turut menggaungkan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Jateng, khususnya di bulan Ramadhan ini.

“Saya bersyukur dan merasa bangga karena masyarakat Jawa Tengah memiliki semangat dan antusiasme yang tinggi untuk menyemarakkan Ramadlan dan menggelorakan semangat ekonomi dan keuangan syariah untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia,” puji Wapres.

“Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Jateng Halal Fair 2023 secara resmi saya nyatakan dibuka. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa memberikan ‘inayah-Nya dan meridhai semua upaya yang kita lakukan,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu Ketua Penyelenggara Jateng Halal Fair 2023 yang juga merupakan Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen melaporkan, JHF 2023 merupakan bagian dari Nasional Halal Fair 2023 yang diinisiasi oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Baca Juga:  Ribuan UMKM Ramaikan Jember Fashion Carnival

Pameran produk halal di ajang tersebut diharapkan menjadi sarana yang sangat baik untuk memperkenalkan produk-produk halal terbaik dari berbagai pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Jateng.

“Dalam kesempatan ini saya ingin mengajak kita semua untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kehalalan dalam memilih produk dan jasa yang dikonsumsi, serta untuk mengedukasi masyarakat tentang standar halal yang berlaku,” ujar Taj Yasin.

Taj Yasin juga menyebutkan, terdapat sedikitnya 40 stan pameran dari berbagai UMKM produk halal/berbasis syariah dan beberapa perusahaan seperti Bank Jateng Syariah, Bank Syariah Indonesia, dan Pegadaian Syariah, yang mengikuti kegiatan JHF 2023.

Selain itu juga beberapa lembaga seperti Bank Indonesia, BAZNAS, Bulog, Dishanpan Provinsi Jawa Tengah, PT Jateng Agro Berdikari, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan Forum Organisasi Zakat dan RSI Sultan Agung.

Baca Juga:  Belanja Produk Lokal Syarat Tukin PNS Naik

Selain itu, acara juga diisi dengan berbagai kegiatan, seperti Talkshow Literasi Ekonomi dan Keuangan Syariah, konsultasi, dan hiburan bagi masyarakat yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengembangan ekonomi syariah dan halal di Jateng.

“Kami berharap acara ini dapat memberikan manfaat besar bagi seluruh peserta dan pengunjung, dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam industri halal. Semoga acara ini juga dapat menjadi langkah awal bagi kolaborasi yang lebih erat antara perusahaan, pemerintah, dan masyarakat dalam memajukan industri halal di Indonesia,” ujarnya.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA