Search

Golden Ticket SNBP 2023 Unair

Majalahaula.id – Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih mengumumkan daftar siswa yang masuk dalam nominator Golden Ticket Unair. Dari 103 siswa nominator yang diseleksi, 69 siswa masuk kategori Platinum dan 34 siswa menjadi penerima Gold.

Menurut Prof Nasih, proses seleksi Golden Ticket Universitas Airlangga (Unair) 2023 dilakukan dalam empat tahap. Dari 103 nominator, 69 siswa menjadi penerima platinum sementara 34 siswa menerima Gold.

“Platinum itu pendaftar dengan prestasi akademik dan non akademik yang baik serta didukung peringkat sekolah yang bagus. Sehingga kami usulkan untuk bisa diterima. Meski keputusan resmi tetap menunggu pengumuman dari pemerintah,” terangnya, sebagaimana dikutip dari laman Unair, Sabtu (25/3/2023).

Prof Nasih mengatakan, penerimaan Nominator Golden Ticket Unair 2023 tersebut, telah melalui proses penyeleksian sebanyak 796 pendaftar dari berbagai provinsi di Indonesia.

Baca Juga:  KIP Kuliah 2023 Dibuka

Sebagaimana diketahui, Kemendikbudristek menetapkan tiga jalur masuk perguruan tinggi, yaitu SNBP, SNBT, dan Mandiri. Golden Ticket ini menjadi bagian dari jalur SNBP yang dapat memperkuat suatu kriteria untuk masuk ke Unair.

“SNBP di dalamnya tertulis dengan jelas, dasar utama dan kriteria utama adalah nilai mata pelajaran yang ada di rapot. Golden Ticket menjadi bagian penambah beberapa indikator serta kriteria yang berkaitan dengan prestasi baik yang diunggah maupun melalui mekanisme lainnya,” kata Prof Nasih.

Menurutnya, jalur Golden Ticket adalah penambahan nilai prestasi yang nantinya akan dimasukkan sebagai pertimbangan. Jalur tersebut, sambungnya, akan memungkinkan posisi seseorang untuk menjadi lebih baik di sekolahnya.

Baca Juga:  Sekretaris MUI Raih Doktor

“Mereka yang diterima adalah mereka yang melaporkan unggahan prestasi kepada Unair,” katanya.

Guru Besar FEB Unair itu juga menjelaskan bahwa tujuan dari Golden Ticket tidak hanya memberikan kesempatan untuk menjadi mahasiswa Unair melalui jalur prestasi akademik maupun non akademik.

Golden Ticket, lanjutnya, juga bertujuan untuk menjangkau sekolah-sekolah di desa-desa terpencil di Indonesia.

“Jalur Golden Ticket ini akan memberikan kesempatan bagi sekolah-sekolah yang mungkin masih tertinggal atau yang mungkin belum memiliki alumni. Agar dari sini kami bisa melihat track record bahwa dari sekolah tersebut ada siswa-siswa yang berprestasi,” jelas Prof Nasih.

Penerima nominator Golden Ticket, sambung Prof Nasih, juga tidak mengurangi jalur kuota untuk setiap fakultas. Bahkan, melalui jalur itu ada beberapa prodi yang ditambahkan kuotanya.

Baca Juga:  Pendidikan yang Harus Ditempuh bagi Calon Dosen

“Secara umum jalur Golden Ticket ini akan menambah siswa yang diterima di Unair. Dan secara keseluruhan akan menambah daya tampung yang ada, di luar daya tampung yang sudah ditetapkan,” imbuhnya.

Sebagai informasi tambahan bahwa jalur Golden Ticket ini disaring dan disesuaikan dengan nilai akademik, nilai penunjang, posisi di sekolah, dan terakhir disesuaikan dengan pilihan prodi siswa yang bersangkutan.

Pada 2023, penerimaan pasti pendaftar Golden Ticket mengikuti pengumuman resmi SNBP yag akan diumumkan pada Selasa, 28 Maret 2023.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA