Search

Bantuan Modal Usaha untuk UMKM

Majalahaula.id – Dalam rangka mendongkrak pertumbuhan serta memulihkan ekonomi usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kelurahan Rejasari, Banyumas, Jaringan Pengelola Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (JPZIS NU) Berkah Remen Silatruahmi (Beres) Purwokerto Barat, Banyumas, Jawa Tengah mentasyarufkan bantuan modal usaha, Rabu (22/03/2023).

Pentasyarufan modal usaha tersebut diberikan secara simbolis kepada Siti Maemunah (62 tahun) disaksikan anggota keluarganya di rumahnya Kelurahan Rejasari RT 003 RW 009 Kecamatan Purwokerto Barat.

Petugas Lapangan JPZIS Beres Asmah Asiyah mengungkapkan bahwa bantuan modal usaha tersebut dalam rangka pemulihan ekonomi dengan sekala prioritas atas surat rekomendasi dari Ketua dan Pengurus RT setempat yang dikirimkan kepada JPZIS Beres, dengan tujuan agar memberikan kesempatan tambahan kepada para pelaku usaha mengembangkan usaha untuk meningkatkan kesejahteraan UMKM.

Baca Juga:  Teten Masduki Dorong Universitas Cetak Wirausaha

“Bantuan ini dalam bentuk modal usaha bagi pelaku UMKM yang ada di diwilayah Kecamatan Purwokerto Barat khususnya dan Kabupaten Banyumas umumnya. Dan bersumber dari Dana ZIS Masyarakat yang dikelola oleh JPZIS Beres,” imbuhnya.

Modal usaha itu diberikan kepada 15 pelaku UMKM, secara bertahap dan sesuai dengan hasil verifikasi data oleh Tim JPZIS Beres dan kesemuanya pelaku UMKM. Tiap-tiap penerima bantuan menerima dalam jumlah bervariasi antara Rp500.000 sampai dengan Rp1.000.000.

“Mudah-mudahan ini bisa sedikit membantu usaha mereka,” ungkap Asmah.

Sementara itu, Ketua RT Suhir menyampaikan bahwa untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan ekonomi bagi masyarakat, dia mengupayakan agar terus bergandengan dengan JPZIS Beres untuk dapat menganggarkan bantuan dana untuk mengembangkan UMKM.

Baca Juga:  Kesejahteraan Produsen Jamu Tradisional Terhambat Perizinan

“Pemberian bantuan modal usaha ini bisa membantu meringankan beban hidup masyarakat yang kurang mampu, dan tetap produktif bekerja apalagi saat ini paska pandemi C-19,” tutur Suhir.

Oleh sebab itu, warga masyarakat hendaknya dapat memanfaatkan dengan baik dan benar-benar modal usaha tersebut agar terus bekerja untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya bersama anggota keluarganya.

“Pemberian bantuan modal usaha ini adalah sebagai wujud kepedulian JPZIS Beres kepada warga masyarakat. Oleh karena itu kiranya bantuan ini dapat bermanfaat dan harus diperuntukkan sesuai dengan harapan bersama dan Pelaku UMKM terus memperbaiki manajemenya, supaya usaha yang dijalankan bisa bertahan lama ke depan,” pungkasnya. (Ich)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA