Search

LP Ma’arif NU Sambeng Adakan Workshop Diseminasi Literasi

Majalahaula.id – Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Sambeng dan bekerja sama dengan Pengurus Cabang (PC) LP Ma’arif NU Babat menyelenggarakan Workshop Diseminasi Literasi. Agenda tersebut dipusatkan di Aula Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan, Sabtu (11/3/2023).

Kegiatan yang menyasar guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) kelas 1, 2, dan 3 itu dihadiri oleh PC LP Ma’arif NU Babat, MWCNU Sambeng, LP Ma’arif NU Sambeng, dan guru MI se Kecamatan Sambeng.

Dalam sambutannya, Ketua LP Ma’arif NU Sambeng Heri Sugianto menyampaikan, kegiatan penguatan pendidikan literasi, numerasi, dan karakter NU ini adalah pembelajaran primer di tingkat dasar. Sebab itu, guru harus mengubah paradigma, karena pola pengajaran guru di masa lalu dengan sekarang sudah berbeda.

Baca Juga:  150 Atlet Porseni NU dari NTB Diberangkatkan

“Anak didik saat ini sudah melek informasi karena adanya digitalisasi dan guru harus ikut berperan aktif terkait hal itu,” ujar Heri.

Ia menambahkan, guna mencerdaskan anak didik langkah pertama yang harus dilakukan adalah peningkatan kapasitas guru melalui berbagai pelatihan. Hal itu agar guru memiliki kapasitas yang unggul dan berdaya saing.

“NU dan utamanya LP Ma’arif NU harus mengambil peran dan bermitra dengan semua unsur untuk bersama-sama ikut terlibat mencerdaskan anak bangsa, karena penguasaan literasi dan numerasi sangat penting dalam memajukan mutu pendidikan,” terangnya.

Disebutkan, kehadiran LP Ma’arif NU untuk memberikan pelatihan penguatan literasi dan numerasi akan sangat membantu. Sebab itu, ia berharap kegiatan ini juga turut serta meningkatkan literasi dan numerasi siswa di wilayah Sambeng.

Baca Juga:  Gelar Turba Ke 18 MWCNU dan 170 PRNU, PCNU Situbondo Gali Data dan Galang Sinergi Program NU

“Sehingga dalam mengembangkan pendidikan tidak ada dikotomi, karena semestinya dalam dunia pendidikan semua pihak dan elemen harus saling bersinergi. LP Ma’arif NU hadir bukan untuk menjadi terdepan, bukan juga berada di belakang, tapi bersama-sama bergandengan tangan untuk anak bangsa,” pungkasnya. (hen)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA