Search

Destinasi Wisata Religi Menarik di Cirebon

Majalahaula.id – Menjadi salah satu kota yang mempunyai peran penting dalam sejarah penyebaran Agama Islam di Jawa Barat dan Banten. Cirebon memiliki beragam destinasi wisata religi menarik yang tidak hanya bernuansa islami.

1. Makam Sunan Gunung Jati

Objek wisata ziarah paling ramai di Cirebon adalah Makam Sunan Gunung Jati. Wisata yang terletak di Alun-Alun Ciledug No.53, Astana, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon ini buka dari hari Senin – Sabtu pukul 8 pagi sampai 6 sore.

Umumnya, wisatawan bisa melihat keunikan desain bangunan tempat makam ini berada yang merupakan campuran seni Arab, Cina, dan Jawa ini.

Wisatawan yang berziarah ke makam Sunan Gunung Jati biasanya melanjutkan perjalanan menuju petilasan Sunan Kalijaga. Tempat ini merupakan peristirahatan dan tempat tinggal Sunan Kalijaga semasa dirinya menyebarkan ajaran Islam di Jawa Barat bersama Sunan Gunung Jati. Dalam kawasan petilasan terdapat tempat tidur lengkap dengan kelambu, ada sumur wasiat Sunan Kalijaga yang sudah ada dari dulu.

Baca Juga:  Tempat Wisata di Bogor Bernuansa China

2. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid yang terletak di Jl. Kasepuhan No.Komplek, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat ini dibangun oleh Sunan Gunung Jati dan Sunan Kalijaga untuk fasilitas penyebaran agama Islam.

Masjid ini memiliki daya pikat tersendiri bagi wisatawan karena desain arsitekturnya yang unik. Dengan tembok bata merah mendominasi bangunan dan bagian pintu utama yang didesain pendek agar pengunjung yang mau beribadah menundukkan badannya saat masuk masjid.

Ada sumber air yang gak hanya diperuntukkan untuk berwudu, tapi diyakini masyarakat sekitar bahwa air ini memiliki banyak manfaat dan khasiat, termasuk bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

3. Keraton Kasepuhan

Baca Juga:  7 Proyek Spektakuler Arab Sudi

Keraton Kasepuhan terletak di Jl. Kasepuhan No.43, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Keraton yang dibuka pukul 08.00-16.00 WIB ini adalah peninggalan masa kejayaan kesultanan Cirebon. Terdapat museum pusaka yang disuguhkan bagi wisatawan berisi singgasana sultan, kereta kencana Singa Barong, dan benda-benda bersejarah lainnya.

Dilengkapi bangunan tua yang megah berwarna putih dan tembok bata merah yang terawat ini mampu menarik wisatawan untuk berpose di sini. Keraton Kasepuhan sering dijadikan destinasi wisata pelajar dari luar kota untuk melakukan study tour. Sedangkan untuk wisata religinya ramai saat Hari Raya Idulfitri.

4. Keraton Kanoman

Keraton yang memiliki luas area 6 hektar ini merupakan peninggalan Sultan Badaruriddin. Sama seperti Keraton Kasepuhan, disini juga terdapat museum yang berisi pusaka dan benda bersejarah koleksi sultan, dan ada pula kereta kencana Paksi Naga Liman dan Jempana.

Baca Juga:  Tea Bridge Gunung Mas, Menjelajah Kebun Teh Lewat Jembatan Kayu

Selain objek wisata keraton ini, di sepanjang jalan menuju Keraton Kanoman wisatawan bisa sekaligus mampir ke pasar Kanoman yang jaraknya sangat dekat dengan keraton, di sana menyediakan makanan serta oleh-oleh khas Cirebon.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA