Search

Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade Geografi Internasional

Majalahaula.id – Kemendikbudristek menerima kunjungan Task Force sebagai wujud kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah pelaksanaan International Geography Olympiad (iGeo) ke-19 tahun ini.

“Kami berharap lewat kunjungan Task Force ini dapat menunjukkan ke mata dunia bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah iGeo tahun ini,” ujar Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti dalam siaran pers, yang dikutip Jum’at (3/3/2023).

Suharti mengatakan, Ajang iGeo di Indonesia tidak hanya sekadar lomba. Para peserta nantinya dikenalkan beragam seni dan budaya di Indonesia. Tentunya, peserta akan membawa pulang pengalaman yang berharga.

“Terima kasih kepada perwakilan Task Force yang sudah mengunjungi Indonesia,” katanya.

Sementara, Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Hendarman menyatakan pihaknya sudah melakukan yang terbaik untuk persiapan iGeo. Tujuan dari kunjungan Task Force adalah untuk memperkenalkan Indonesia dan Jawa Barat khususnya kota Bandung sebagai tuan rumah iGeo.

Baca Juga:  PMII di Sultra Gelar Diskusi Dapil Bersama KPU dan Bawaslu

“Penyelenggaraan iGeo di Indonesia adalah hasil kerja sama dari berbagai pihak, terutama Kemendikbudristek melalui Puspresnas yang didukung oleh Ikatan Alumni Tim Olimpiade Geografi Indonesia,” ujarnya.

Kunjungan Task Force iGeo ke Indonesia diwakili oleh Su-Min Shen dari Department of Geography National Taiwan Normal University dan Hana Svobodová dari Department of Geography Faculty of Education Masaryk University. Mereka menyampaikan senang melakukan kunjungan ke Indonesia.

“Siswa-siswi Indonesia banyak berprestasi di ajang iGeo. Semoga lewat kunjungan ini kami bisa mendapatkan informasi penting mengenai persiapan penyelenggaraan iGeo di Indonesia,” ujar Hana.

Selanjutnya, selama sepekan, rombongan akan melakukan kunjungan lokasi di kota Bandung, Jawa Barat. Kunjungan tersebut dilakukan sebagai rangkaian persiapan iGeo ke-19.

Baca Juga:  Hal yang Perlu Disiapkan Menyambut Tahun Ajaran Baru

Pelaksanaan iGeo ke-19 di Bandung akan dihadiri oleh sekitar 300 peserta dan pendamping dari 60 negara serta tamu-tamu akademisi dari berbagai universitas, pejabat pemerintahan, dan diplomat dari level nasional hingga internasional. Peserta Indonesia merupakan peserta didik hasil OSN nasional yang telah diseleksi untuk mengikut kompetisi internasional.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA