Search

3 Masjid Populer di Surabaya

Majalahaula.id – Wisata religi memang paling umum dilakukan saat bulan suci Ramadan. Selain mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa, wisata religi juga bisa menambah wawasan terkait budaya Islam.

Jika kamu punya rencana untuk wisata religi, Surabaya bisa jadi pilihan yang tepat. Ada banyak tempat wisata religi di Surabaya yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari masjid bersejarah hingga makam tokoh agama.

1. Masjid Al Akbar Surabaya

Masjid Al Akbar Surabaya berlokasi di Jalan Mesjid Agung Timur Nomor 1, Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya, Jawa Timur. Masjid Al Akbar Surabaya memiliki taman edukasi seperti Taman Asmaul Husna dan Masjid Edu.

Di kompleks masjid juga ada menara tinggi yang bisa dinaiki. Di menara ini, pengunjung bisa melihat Kota Surabaya dari atas ketinggian 99 meter. Selain itu, di dalamnya terdapat ornamen yang cantik. 45 pintu kayu jati dan hiasan kaca nampak menghiasi di sudut-sudut masjid cantik ini.

Baca Juga:  Mengenal Plaza Keong di Bandara AMAA Madinah

Tempat ibadah ini dibangun pada tanggal 4 Agustus 1995 atas gagasan Mantan Walikota Surabaya, Soenarto Soemoprawiro. Saat itu, peletakan batu pertama dilaksanakan oleh Wapres Try Sutrisno dan diresmikan Presiden KH Abdurrahman Wahid pada 10 November 2000.

2. Masjid Sunan Ampel

Masjid Sunan Ampel didirikan pada tahun 1421 oleh Raden Muhammad Ali Rahmatullah atau Raden Rahmat yang dikenal sebagai Sunan Ampel. Saat itu, Sunan Ampel dibantu oleh Mbah Sholeh, Mbah Sonhaji, serta santrinya. Tempat ini merupakan salah satu tempat ibadah umat Islam yang tertua di Jawa.

Pembangunan masjid ini dilakukan di atas sebidang tanah seluas 120 x 180 meter persegi di Desa Ampel (sekarang Kelurahan Ampel), Kecamatan Semampir Surabaya atau sekitar 2 km ke arah Timur Jembatan Merah.

Baca Juga:  Wisata Religi Paling Populer di Madura

Pada tahun 1972, tempat ini ditetapkan oleh Pemerintah Kota Surabaya menjadi salah satu destinasi wisata religi. Hingga saat ini, masjid Sunan Ampel masih sering dikunjungi untuk beribadah.

Saat bulan Ramadan tiba, para jemaah yang hadir sangat banyak hingga memenuhi masjid. Jumlah pengunjungnya bisa mencapai lebih dari 10 ribu orang. Jika ingin mengunjunginya, masjid ini terletak di Jalan Ampel Masjid No.53, Ampel, Kecamatan Semampir, Surabaya.

3. Masjid Muhammad Cheng Hoo

Nama masjid ini terinspirasi dari sosok Cheng Hoo yaitu seorang Muslim yang pernah berlayar dari China hingga ke pantai Afrika. Pada abad ke-15, orang-orang Tionghoa dari Yunnan melakukan ekspedisi Asia Tenggara termasuk ke Indonesia.

Baca Juga:  Wisatawan Lombok Meningkat 20 Persen saat Event MotoGP

Mereka membawa beberapa misi seperti berdagang, menjalin persahabatan, serta menyebarkan ajaran agama Islam di berbagai wilayah di Nusantara, terutama di pulau Jawa.

Masjid ini didirikan atas prakarsa para sesepuh, penasehat, pengurus Pembina Imam Tauhid Islam (PITI), pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Indonesia Jawa Timur, serta tokoh masyarakat Tionghoa di Surabaya. Masjid ini dibangun pada 15 Oktober 2001.

Desain masjid ini menggabungkan budaya Tionghoa dan Arab. Warna merah bata, biru dan hijau mendominasi masjid ini. Selain itu, pintu masjid ini menyerupai pagoda dan ada relief naga di puncaknya. Lokasi Masjid Muhammad Cheng Hoo ini berada di Jalan Gading No. 2, Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA