Search

Pameran Karya Seni di Hutan Kota by Plataran

Majalahaula.id – Beragam seni rupa karya para seniman kini dipamerkan di ruangan terbuka Hutan Kota by Plataran, Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 7-12 Februari 2023. Bertajuk, Art Jakarta Gardens 2023, berbagai karya seni rupa, patung, dan instalasi seni luar ruangan dipamerkan untuk menghidupkan kembali aktivitas seni.

Pembukaan Art Jakarta Gardens 2023 dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Hilmar Farid, yang mendukung penuh acara pameran seni untuk meningkatkan pariwisata Indonesia.

“Dengan hadirnya ajang seni rupa di Hutan Kota ini, kita dapat kembali melihat bagaimana seni dan alam berjalan berdampingan: tidak ada ekosistem seni yang sehat tanpa ekosistem alam yang sehat,” kata Hilmar Farid.

Baca Juga:  Inilah Wisata 3 Gili Lombok Yang Paling Eksotis

Hilmar Farid menyebut pengunjung menikmati beragam karya seni rupa, mulai dari patung, instalasi dan objek dua dimensi, dari 21 galeri lokal dan satu galeri dari Malaysia. Serta sebanyak 25 patung memperkaya Art Jakarta Gardens tahun ini.

Tidak hanya itu, di area pameran dalam ruangan terdiri atas dua tenda khusus yang disediakan bagi 22 galeri ternama. Seperti STEM Project (Yogyakarta), ROH (Jakarta), RUCI Art Space (Jakarta), RUCI Art Space (Jakarta), dan masih banyak lagi.

Art Jakarta Gardens juga menggelar program khusus anak, seperti kelas keramik oleh Kandura Studio (Bandung), kelas fragrant oleh Of Animo, dan kelas penulisan lirik oleh Sofar Sounds.

Baca Juga:  Libur Long Weekend Diharap Bangkitkan Kunjungan Wisatawan

Art Jakarta Gardens 2023 juga diramaikan dengan sejumlah karya kolaborasi yang menjadi highlight dalam pameran ini. Seperti karya The Light of Journey berupa perahu kayu dengan huruf-huruf Tionghoa karya seniman asal Blitar FX Harsono yang ditempatkan di sebuah ruangan khusus.

Kemudian, ada karya charger station dengan casing dipoles sedemikian rupa oleh empat orang seniman berbeda, yang merupakan karya kolaborasi CASION dengan Karafuru, Rizal Hasan, Naufal Afshar, dan Tutu Grafity.

Salah satu instalasi yang tak boleh terlewatkan untuk kamu kunjungi adalah instalasi “Aquifer” ciptaan Digital Nativ. Bekerja sama dengan iForte, “Aquifer” merupakan instalasi yang memadukan seni dan teknologi. Instalasi ini mengangkat isu air tanah di Jakarta.

Baca Juga:  Okupansi Hotel di Jawa Timur Naik saat Libur Sekolah

Sebagai informasi, Art Jakarta Gardens 2023 membuka lima sesi kunjungan per harinya, mulai pukul 13.00 WIB-21.00 WIB. Pembelian tiket bisa melalui situs resmi Art Jakarta Gardens 2023.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA