Search

Jelang Puncak Grand Final NU Award, PCNU Pamekasan Kerahkan 10.500 Jamaah

Majalahaula.id – Ngalap barokah usai presentasi dalam final PWNU Jatim Award zona dua, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pamekasan kerahkan 10.500 masa. Untuk terlibat langsung dalam perhelatan 1 Abad NU di Sidoarjo Selasa (7/2/23) besok.

Person in Charge (PIC) Harlah 1 Abad NU, Taufiqur Rahman Khafi, Minggu (5/2/2023) mengatakan, jumlah warga NU yang akan hadir ini bisa bertambah, karena sampai tadi pagi masih banyak yang mendaftar.

“Membeludaknya peserta ini, karena secara logika seusia kami termasuk sekarang yang masih berusia 20 tahun, mustahil bisa mengikuti Harlah 2 Abad NU. Apalagi di sana nanti banyak ulama besar dan kiai serta bermacam kegiatan nuansa keagamaan. Sehingga jamaah ingin mendapatkah barakah akbar. Jadi kapan lagi bisa hadir, kalau tidak sekarang,” kata Taufiq.

Baca Juga:  Poli Gizi RSI Unisma Gelar Konsultasi Gratis

Menurut Taufiq, 10.500 jemaah itu akan berangkat menggunakan 600 kendaraan bermotor. Terdiri atas bus, mini bus dan mobil pribadi, yang akan terbagi lima zona titik pemberangkatan. Dan para jamaah berangkat secara mandiri, termasuk biaya transportasi.

Dikatakan, untuk Zona 1 terdiri atas jamaah dari Kecamatan Waru, Pasean dan Kecamatan Batumarmar. Titik kumpulnya di Jalan Raya Sotabar pukul 17.00 WIB dan berangkat pukul 18.30 WIB. Mereka melewati jalan raya poros Pantura dan bertemu dengan jamaah dari 4 zona lainnya di kawasan Tangkel, Bangkalan, sebelum akses Suramadu sisi Madura.

Untuk Zona 2, meliputi Kecamatan Kota, Proppo, Palengaan, Pegantenan dan Kecamatan Pakong. Titik kumpul pemberangkatan di terminal barang di Jalan Raya Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan pada pukul 18.30 WIB. Sedang Zona 3 meliputi Kecamatan Kadur, Larangan, Pademawu dan Kecamatan Galis.

Baca Juga:  Simak Presentasi Nominator NU Jatim Award 2022 di UNUSA

Sementara untuk Zona 4 meliputi jamaah dari Kecamatan Tlanakan. Titik kumpulnya di pintu masuk Gerbang Salam. “Peserta dari Zona 2, 3 dan Zona 4, pemberangkatannya dilepas, Senin (6/2/2023), pukul 20.00 WIB. Sementara 400 anggota Banser berangkat Senin (6/2/2023) besok,” ungkap Taufiq.

Namun untuk jamaah Zona 5 dari Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan. Pemberangkatannya dilakukan di area monumen Arek Lancor, Pamekasan, Selasa (7/2/2023) sekitar pukul 08.30 WIB.

Dan khusus Zona 5 ini pemberangkatannya dilepas oleh Ketua PC NU Pamekasan, KH Taufik Hasyim; Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam; Kapolres Pamekasa, AKBP Satria Permana dan Dandim 0826 Pamekasan, Letkol (Inf) Ubaidillah.

Taufiq mengakui, untuk memberangkatkan 10.500 jamaah, pihaknya berkoordinasi dengan Polres Pamekasan untuk minta bantuan pengamanan baik terbuka dan tertutup dari pemberengkatan hingga pulangnya. Kemudian Dinas Perhubungan (Dishub) dan 10 tim medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, berikut mobil ambulans.

Baca Juga:  Kado 1 Abad NU, Bangun RSI Tower Setinggi 14 Lantai

Dikhawatirkan selama mengikuti harlah, ada jamaah sakit butuh pertolongan. Selain itu juga ada bantuan dari Organisasi Amatir Radio Republik Indonesia (ORARI) Pamekasan, serta dinas sosial (Dinsos).

“Kami dapat bantuan dari pemkab dan Polres Pamekasan, berupa mie instan, lontong, telor, plastik kresek sampah, vitamin C, teh, air meneral dan masker,” pungkasnya. Dy

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA