Search

Umat Islam di Manokwari Turut Meriahkan 1 Abad NU

Majalahaula.id – Umat Islam di Kabupaten Manokwari, Papua Barat memeriahkan karnaval hari lahir 1 abad Nahdlatul Ulama. Hal tersebut sebagai sarana memperingati berdirinya organisasi Islam terbesar di Indonesia tersebut yakni 16 Rajab 1344 H.

Ketua panitia dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Manokwari, Muh Ali Mukhtar mengatakan perayaan harlah tahun ini sangat istimewa. Karena NU telah berumur satu abad, sehingga perayaan dibuat dalam berbagai rangkaian kegiatan. “Biasanya harlah NU hanya dilaksanakan tabligh akbar, namun tahun ini dilaksanakan selama 3 hari dan melibatkan seluruh umat Islam di Manokwari khususnya di dataran Warmare, Prafi, Masni, dan Sidei,” katanya, Sabtu (28/01/2023).

Ia menjelaskan, sejumlah kegiatan yang dirangkai dalam perayaan harlah NU kali ini berupa karnaval, liga santri, pentas seni, dan NU bazar expo. Seluhnya melibatkan seluruh badan otonom di bawah NU dan umat Islam di Manokwari. “Acara puncak Harlah NU dilaksanakan juga hari ini dalam tabligh akbar yang akan diisi oleh KH Najib Muhammad Pimpinan Pesantren Al-Madinah di Lapangan Kampung Aimasi Diatrik Prafi,” jelas dia.

Baca Juga:  Prof Imam Taufiq Terpilih Menjadi Ketua PW IPHI Jateng

Sementara itu, Ketua PCNU Manokwari, Ali Mustofa menjelaskan perayaan harlah 1 abad NU dibuat begitu meriah. Karena belum tentu setiap orang akan bertemu lagi dengan harlah NU 1 abad kemudian. “Kami bukan hanya ingin bersenang-senang, atau hura-hura, tetapi menjadikan momentum ini patut dikenang untuk waktu yang lama. Mudah-mudahan akan menjadi cerita kepada generasi berikutnya, hingga akhir abad kedua nanti,” kata dia.

Selanjutnya, dengan melibatkan seluruh umat Islam di daerah tersebut PCNU berharap masyarakat Manokwari bisa merasakan kehadiran NU di masyarakat dan bersama melaksanakan pembangunan. “Kami berusaha semaksimal mungkin menyelenggarakan kegiatan ini untuk mendukung tema besar harlah NU tahun ini yaitu merawat jagat membangun peradaban, saya pikir di seluruh Indonesia juga melaksanakan hal yang sama seperti kami di Manokwari,”katanya. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA