Search

Jusuf Kalla Masjid untuk Pemberdayaan Umat

Majalahaula.id – Selama ini, keberadaan masjid hanya difokuskan untuk sarana menjalankan ibadah. Bahkan terkesan bersaing untuk tampil mewah sebagai kebanggaan umat di kawasan setempat. Padahal banyak hal yang bisa dilakukan oleh para pegiat masjid, salah satunya adalah memberdayakannya untuk umat sekitar. Dan hal tersebut mendesak untuk terus dilakukan.

Karenanya, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini menyambut hangat program Kolaborasi Masjid Pemberdaya (KMP) yang berupaya mengentaskan kemiskinan. Sebab, Kalla menyebutkan, salah satu visi DMI adalah memakmurkan dan dimakmurkan masjid.

“Masjid bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga tempat bagi masyarakat untuk meningkatkan kemampuan ekonomi, pendidikan, dan kecerdasan jemaah,” tutur Kalla, dikutip dari keterangan persnya, Jumat (20/01/2023).

Baca Juga:  KH Imam Aziz: Jangan Hanya Cari Untung

Kalla mengatakan itu dalam pertemuan DMI dengan KMP di Gedung DMI Pusat, Matraman, Kota Jakarta Timur beberapa waktu lalu. Kalla yakin bahwa saat ini KMP memiliki visi yang sama. Oleh karena itu, ia memastikan bahwa pihaknya akan bekerja untuk mewujudkan hal tersebut. “Kami akan bekerja bersama-sama bagaimana umat itu bukan hanya masjid tempat beribadah, tapi kami semua berupaya meningkatkan harkat hidup, bagaimana memuliakan jamaah,” katanya.

Mantan Wakil Presiden RI itu menyebutkan, jika masjid menjadi tempat untuk meningkatkan harkat hidup, umat akan lebih banyak menjadi muzakki daripada mustahik.

Ketua Presidium KMP Andi Juliandi menambahkan, visi dan misi KMP adalah menjadikan masjid pengentas kemiskinan. Karenanya, pihaknya akan berfokus pada bidang pemberdayaan bagi masjid-masjid. Hal tersebut bertujuan agar masjid dapat lebih berdikari dalam memberikan kemanfaatan bagi umat.

Baca Juga:  Anggi Anggareni Ujung Perjalanan Pengantin Baru

“Alhamdulillah, KMP dan DMI dapat berdiskusi dan diterima dengan baik. Bersama DMI, nantinya KMP akan terus melakukan kolaborasi, baik itu di pusat, maupun yang ada di kabupaten maupun kota,” ujarnya.

Andi pun berharap, kerja sama tersebut menjadi suatu hal baik yang akan lebih besar manfaatnya. Salah satunya upaya tersebut adalah dengan mendapatkan nasihat serta arahan langsung dari Ketua Umum DMI Jusuf Kalla. Selain itu, KMP dan DMI menyelaraskan komitmen untuk menjadikan masjid-masjid di Indonesia dimakmurkan dan memakmurkan umat. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA