Search

Presiden Jokowi Ikut Jalan Sehat di Solo

Majalahaula.id – Satu lagi rangkaian kegiatan memperingati 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo. Setelah Porseni yang digelar 15 – 21 Januari 2023, akan digelar Jalan Sehat bersama Presiden Jokowi pada Ahad 22 Januari 2023.

Ketua Panitia Porseni NU H Nusron Wahid menjelaskan acara jalan sehat akan melibatkan puluhan ribu warga NU. Karena itu, Nusron menyampaikan permohonan maaf kepada warga Surakarta apabila selama perhelatan Porseni NU mengganggu aktivitas harian. “Lebih-lebih pada puncaknya pas jalan sehat, karena akan diikuti puluhan ribu. Yang sudah terdaftar ada sekitar 50 ribu. Tentu akan mengganggu, kami atas nama panitia memohonkan maaf kepada warga Kota Solo dalam rangka untuk pelaksanaan ini,” ucap Nusron, Jumat (13/1/2023). Menurut Nusron, acara jalan sehat adalah salah satu side event atau acara sampingan dalam gelaran Pekan Olah Raga dan Seni (Porseni) NU yang akan di Surakarta Jawa Tengah.

Baca Juga:  Halaqah Fikih Peradaban, dari NU untuk Diplomasi Global

Nusron menerangkan, Ahad (15/1/2023) malam, akan dilaksanakan welcome dinner atau jamuan makan malam bersama di Pura Ageng Mangkunegaran dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. Lalu Porseni NU akan secara resmi dibuka di GOR Sritex Arena (GOR Bhineka) Solo pada Senin (16/1/2023) malam. “Selebihnya pertandingan-pertandingan, dan penutupan akan dilaksanakan pada 21 Januari,” ucap Wakil Ketua Umum PBNU itu.

Disamping laga olah raga dan seni, ada pula side event (acara sampingan) yang akan dilaksanakan pada 16-21 Januari 2023. Beberapa kegiatan dalam acara sampingan ini yaitu festival kuliner dan bazar UMKM yang terdiri dari 30 stan dan lomba mewarnai logo NU dan paduan suara tingkat PAUD/TK se-Soloraya. “Kemudian shalawatan bersama Habib Syech. Malam kamisnya itu adalah (penampilan) band lokal. Malam Jumat ada shalawatan berbahasa Jawa dan malam Sabtu shalawatan dari Jamuri. Kemudian untuk jalan sehat akan dilaksanakan pada Subuh, hari Ahad,” tuturnya.

Baca Juga:  Ketika Habib Syech Senandungkan Ya Lal Wathan di Porseni NU

Nusron juga menyebut ada 7 bidang olahraga dan seni yang akan dipertandingkan dengan 3 kategori yakni pelajar, siswa dan santri pada Porseni NU 2023.
Adapun cabang pertandingan yakni sepak bola, bola voli, badminton, pencak silat, pembacaan kitab kuning, hafalan alfiyah dan MTQ.

Nusron menjelaskan dipilihnya Kota Solo sebagai tempat untuk penyelenggaraan Porseni NU itu tidak terlepas dari Jawa Tengah yang kali ini mendapatkan giliran sebagai tuan rumah. “Jadi pilihannya ya Solo. Selain itu Solo juga punya venue banyak dan sudah berpengalaman multievent,” imbuhnya.

Saat ini, lanjut Nusron, ada sebagian dari peserta Porseni NU yang sudah tiba di Kota Solo. “Penginapan di Asrama Donohudan, Boyolali. Saat ini sudah ada beberapa memasuki Kota Solo. Kemarin sudah ada 1 provinsi dan hari ini ada 11 provinsi. Selebihnya datang pada esok hari,” tuturnya.(Vin)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA