Search

Ida Fauziyah Alasan Rapat Tertutup Ciptaker

Majalahaula.id – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) ini menjelaskan alasannya meminta rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI terkait Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja (Ciptaker) digelar tertutup.

Ia mengatakan, pemerintah menunjuk beberapa menteri untuk memberi penjelasan pada DPR, termasuk pihaknya yang menjelaskan bidang ketenagakerjaan dalam rapat tersebut.

“Beberapa menteri yang akan menjadi wakil pemerintah untuk menjelaskan perppu ini yaitu Menko Polhukam, Menko Perekonomian, Menkumham,” tutur Ida di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (11/01/2023).

Selanjutnya, DPR bakal mendapatkan secara utuh penjelasan Perppu Ciptaker dari menteri-menteri yang dipilih pemerintah. Kehadirannya hari ini, kata Ida, belum bisa dikatakan merepresentasikan penjelasan pemerintah seutuhnya pada DPR. Maka dari itu, ia memilih rapat berlangsung secara tertutup. “Nanti pada saatnya, DPR akan mengundang pemerintah untuk memberikan penjelasan secara keseluruhan tentang perppu,” sebut dia.

Baca Juga:  Susi Pudjiastuti Pertanyakan Kelompok Kriminal Bersenjata

Sebelumnya Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris menyampaikan pihaknya memberikan sejumlah masukan pada Kemenaker soal Perppu Ciptaker. Salah satunya, membenahi komunikasi publik agar tak menyebabkan kekhawatiran masyarakat. “Begitu juga terkait aturan turunan permenakernya seperti apa? Jadi semua kegelisahan dari masyarakat itu sebaiknya dijelaskan secara terbuka dan detail. Sehingga tidak lagi adanya kebingungan, ketakutan, jadi masyarakat tahu, artinya aturan turunannya seperti apa,” imbuh Charles.

Rapat Kerja Komisi IX DPR dan Kemenaker soal Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja (Ciptaker) berlangsung tertutup. Anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti mengatakan, keputusan itu diambil atas permintaan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah.

Baca Juga:  Qonata Putri Kuliah Kedokteran di Rusia

“Iya betul sekali (permintaan Ida), kita coba mengakomodir apa keinginan dari mitra kami supaya di dalamnya lebih luas dan leluasa lagi mereka menjawab,” ujar Krisdayanti ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (11/01/2023).

Ia mengungkapkan alasan Ida meminta rapat berlangsung tertutup adalah menghindari tekanan dari berbagai pihak. “Supaya nanti kita punya bergaining khusus, yang positif, untuk bisa memberikan informasi pada masyarakat,” tuturnya.

Adapun Menkopolhukam, Mahfud MD mengklaim Perppu Ciptaker dibuat untuk menyelamatkan ekonomi masyarakat. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA