Search

Ribuan Hektare Padi di Pati Terendam Banjir

Ribuan Hektare Padi di Pati Terendam Banjir

Majalahaula.id – Ribuan hektar lahan persawahan di 58 Desa di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, terancam gagal panen karena terendam banjir. Kerugian diprediksi mencapai puluhan miliar rupiah.

Dinas Pertanian Kabupaten Pati menyatakan areal persawahan yang terendam banjir tersebar di 9 Kecamatan. Wilayah tersebut adalah Kecamatan Sukolilo, Kayen, Gabus, Jakenan, Margorejo, Pati, Juwana, Tayu, dan Dukuhseti.

Tanaman padi yang terendam banjir berumur satu minggu hingga 40 hari, dan baru saja dipupuk. Total areal tanaman padi yang terendam mencapai 2.674 hektar. Sementara yang mengalami puso atau gagal panen, mencapai 657 hektar.

“Dari sisi umur tanaman rata-rata antara 10 hingga 40 hari. Saat ini tanaman padi yang dinyatakan puso sudah mencapai 657 hektar,” terang Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pati, Nikentri Meiningrum, Jumat, 6 Januari 2023.

Baca Juga:  Banjir Rob Rendam Puluhan Rumah di Kupang

Secara kalkulasi ada puluhan miliar rupiah petani merugi akibat banjir, dengan estimasi kerugian per hektar, sekitar Rp 3.416.000 untuk padi yang masih berumur satu hingga hingga 35 hari.

Pihaknya akan mendorong supaya asuransi petani bisa dicairkan, bagi petani yang sudah terdaftar, karena kerugian diperkirakan cukup besar.

“Kerugian kita belum bisa menghitung totalnya, karena umur tanaman padi mempengaruhi angka kerugian. Namun akan kita dorong agar para petani bisa mendapatkan kompensasi dari asuransi,” tutur Niken.

Salah satu daerah persawahan yang terendam banjir berada di Desa Mintobasuki, Kecamatan Gabus. Areal sawah yang terendam mencapai 80 hektar, dan padi yang puso diperkirakan mencapai 25 hektar.

Baca Juga:  Gerhana Matahari, PWNU Jatim Instruksi Shalat Sunnah

Parnoto, petani yang terdampak, menyebut kejadian ini membuat ia dan petani lain di Desa Mintobasuki mengalami kerugian yang cukup besar karena gagal panen. Ia meminta pemerintah memberikan perhatian khusus terhadap nasib para petani.

“Di Desa Mintobasuki sudah seluruh lahan sawah terendam banjir, ketinggian air disini sudah mencapai 60 cm. Kami meminta pemerintah bisa membantu petani menyediakan benih dan pupuk yang mencukupi agar bisa kami tanam kembali usai banjir surut,” pinta Parnoto.

Diketahui banjir di Kabupaten Pati sudah menggenangi persawahan, sejak awal bulan Desember tahun lalu. Banjir diakibatkan oleh tingginya intensitas hujan sehingga Sungai Juwana meluap. Tak hanya lahan pertanian, air juga merendam permukiman warga.(Vin)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA