Search

Anwar Abbas Sawer Qoriah Tak Pantas

Anwar Abbas Sawer Qoriah Tak Pantas

Majalahaula.id – Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indoensia (MUI) ini menyoroti aksi viral pria menyawer uang ke qoriah Nadia Hawasyi yang tengah membaca Al-Qur’an dalam sebuah acara di Pandeglang, Banten. Dirinya menyebut sikap tersebut tidak pantas.

“Cuma yang menjadi pertanyaan bagaimana cara memberikannya kepada yang bersangkutan apakah boleh dengan cara-cara yang tidak pantas dan tidak sopan? Tentu saja tidak boleh, karena kita diharapkan untuk bisa menghormati qari dan qariah serta juga Al Quran yang dibacanya,” kata Anwar dilansir dari Antara, Kamis (05/01/2023).

Ia memandang perilaku seseorang yang menyawer dengan melempar-lemparkan uang memperlihatkan sikap sombong. Perbuatan tersebut, kata Anwar, jelas bertentangan dengan Islam. “Pada laki-laki yang kedua, terlihat dia meletakkan dan menyelipkan uang yang diberikannya ke jilbab yang dipakai oleh sang qariah. Tindakan itu jelas tidak pantas karena sang qariah adalah bukan mahramnya,” kata dia.

Baca Juga:  Nagita Slavina Sungkem Asisten Rumah Tangga

Viral sebuah video yang menunjukkan seorang qoriah disawer duit saat melantunkan ayat suci Al-Qur’an. MUI pun mengecam atas aksi saweran terhadap qoriah tersebut. Dilihat dari video yang beredar, Kamis (05/01/2023), qoriah tersebut sedang membaca Al-Qur’an dalam sebuah acara Maulid Nabi Muhammad SAW. Acara itu disebut digelar di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Saat qoriah melantunkan ayat suci Al-Qur’an, naik ke atas panggung dua orang pria pakai baju koko dan berpeci. Kedua pria itu lalu mengeluarkan uang dari sakunya dan menyawerkannya. Kedua pria penyawer itu tampak melempar-lemparkan uang di depan sang qoriah. Tak hanya ‘dilempar-lemparkan’, bahkan satu pria menyawer qoriah tersebut dengan cara menyelipkan uang di kerudung sang qoriah. Meski begitu, qoriah tetap melanjutkan pembacaan Al-Qur’an.

Baca Juga:  Kristina Iswandari Didekati Pria asal Dubai

Nadia membenarkan video yang beredar qoriah disawer itu adalah dirinya. Menurut Nadia, saat itu dirinya diundang untuk mengisi acara Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai qoriah. “Sebelumnya saya mau klarifikasi sedikit masalah video viral saya ngaji disawer itu. Saya hanya diundang ke acara tersebut untuk mengisi acara Maulid Nabi saya sebagai qoriah-nya,” kata Nadia kepada wartawan. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA