Search

Puan Maharani Ajak Masyarakat Kawal Pemilu

Majalahaula.id – Apa yang bisa diberikan masyarakat dalam mengawal pesta demokrasi mendatang? Salah satunya adalah memastikan bahwa seluruh tahapan berjalan dengan baik, sesuai harapan bersama. Meski baru akan digelar pada tahun 2024, gaung dari Pemilihan Umum (Pemilu) sudah terdengar di mana-mana. Nama-nama calon kepala pemerintahan pun terus diusung oleh para pendukungnya dalam menyambut pesta demokrasi ini.

Merespons datangnya Pemilu di 2024 mendatang, Ketua DPR RI ini mengajak masyarakat untuk mengawal pelaksanaan Pemilu 2024 agar berlangsung dengan baik, serta jujur dan adil (jurdil). “Menjadi tugas kita bersama untuk mengawal pelaksanaan pemilu dapat berlangsung secara baik, jujur, dan adil,” kata Puan dikutip dari laman Antara, Senin (02/01/2023).

Baca Juga:  Fitria Yusuf Segera Bangun 1000 Masjid

Hal ini ia sampaikan dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-13 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022-2023 di Gedung DPR RI, Jakarta lalu. Selain menyampaikan pesan kepada masyarakat, Puan pun mengatakan partai politik (parpol) peserta Pemilu perlu semakin maju dalam mengartikulasikan kepentingan rakyat. Harapannya, hal ini bisa mewujudkan Pemilu yang berkualitas di 2024 mendatang.

“Senantiasa memegang teguh komitmennya untuk menjaga dan mengawal ideologi bangsa dan memperkukuh persatuan bangsa,” tegasnya. Menurut Puan, Pemilu jadi upaya untuk menyempurnakan penyelenggaraan negara yang demokratis. Pasalnya, konstitusi dan UUD 1945 pun telah memberikan jaminan menyempurnakan demokrasi melalui pelaksanaan pemilu secara periodik. Ia menjelaskan pelaksanaan ini merupakan wujud penyelenggaraan prinsip check and balances atas kekuasaan negara dalam membangun peradaban demokrasi agar Indonesia semakin maju.

Baca Juga:  H Yaqut Cholil Qoumas Segerakan Kongres Ansor

Puan juga kerap menyemangati para perempuan untuk berani menunjukkan kemampuan jadi pemimpin. Termasuk berkontribusi untuk bangsa dan negara. Dirinya tak jarang memotivasi anak-anak muda, terutama perempuan, di berbagai kesempatan. Sekaligus menunjukkan peran perempuan dalam pemerintahan Indonesia seperti yang disampaikannya dalam pertemuan dengan Ketua Majelis Syuro Qatar beberapa waktu lalu. Hal tersebut menunjukkan kepeduliannya yang demikian tinggi.

Baru-baru ini, Puan pun mengapresiasi kontribusi perempuan dalam gelaran ‘Inspirasi Perempuan Fest’ yang diadakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bersama salah satu media nasional Indonesia. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA