Search

Stafsus Mensesneg: Presiden Bebas mau Reshuffle Kapan Saja

Stafsus Mensesneg: Presiden Bebas mau Reshuffle Kapan Saja

Majalahaula.id – Isu bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera melakukan perombakan atau reshuffle kabinet Kembali mencuat. Staf khusus Mensesneg, Faldo Maldini, mengatakan tak ada masalah terkait isu perombakan kabinet atau reshuffle yang kini kembali ramai dibicarakan.

Faldo menegaskan Presiden Joko Widodo mempunyai kewenangan prerogatif untuk menentukan kapan reshuffle akan dilakukan. “Tidak ada persoalan. Presiden mau reshuffle detik ini atau tidak, sangat mungkin. Rakyat percaya langkah yang beliau ambil. Ibarat orang dagang, lagi untung banyak, jadi bebas mau ambil pilihan berisiko tinggi atau rendah. Besok mau reshuffle juga tidak ada soal, mau jelang atau habis juga tidak ada masalah,” kata Faldo kepada wartawan, Senin (26/12/2022)

Baca Juga:  7 Inovasi Layanan Haji 2023 menurut Prof Harisudin Jember

Bagi Faldo, semua anggota kabinet telah bekerja optimal. Jika pun ada pihak yang kini tak satu visi, Faldo menyerahkan sepenuhnya kepada rakyat. “Kalau ada yang tidak seirama lagi dengan Presiden, hukuman paling berat itu datang dari rakyat. Tentunya, tidak ada yang berani berhadap-hadapan dengan pemimpin yang dicintai rakyat, kecuali mau ditinggalkan rakyat,” ujar Faldo seperti yang dilansir detik.com.

Faldo juga mengemukakan tentang survei kepuasan kepada pemerintah. Faldo menyebutkan kepuasan terhadap Jokowi sangat meyakinkan. “Lihat saja hasil survei, semuanya memuaskan. Ini adalah periode kedua yang sangat menyenangkan bagi Presiden Jokowi. Kepuasannya begitu meyakinkan, rakyat merasakan kerja nyata pemerintahan beliau,” tutur Faldo.

Baca Juga:  Jemaah Haji 2 Kabupaten di Makassar Jalani Karantina Asrama

Jokowi sebelumnya kembali melempar kode soal reshuffle. Jokowi mengangguk saat ditanya perombakan kabinet tersebut. Kode itu dilempar Jokowi saat peresmian pengembangan Stasiun Manggarai Tahap I, Senin (26/12/2022).

Awalnya Jokowi menjelaskan soal peresmian tersebut. Setelah itu, Jokowi ditanya mengenai wacana penghentian PPKM. Barulah kemudian Jokowi merespons pertanyaan mengenai reshuffle. Jokowi terlihat menggerakkan badan dan kepalanya ke arah wartawan.

Pertanyaan soal reshuffle itu kembali ditegaskan wartawan. Jokowi mengaku mendengar pertanyaan itu. “Ya dengar,” kata Jokowi.

Jokowi lalu mengulang kata reshuffle yang disampaikan wartawan. “Reshuffle?” kata Jokowi sambil tersenyum dan mengangguk.

Pertanyaan reshuffle ini diajukan lagi oleh wartawan lain. Namun Jokowi hanya tersenyum mendengar hal tersebut. Saat hendak pergi, Jokowi juga ditanya mengenai kisi-kisi soal reshuffle. Jokowi menjawab singkat. “Clue nya.. ya udah,” ujar Jokowi.

Baca Juga:  Polisi Ungkap Tersangka Dugaan Pelecehan Finalis Miss Universe: Jabat COO

Sebelumnya, kode soal wacana reshuffle kabinet juga diungkap Jokowi usai meresmikan Bendungan Sukamahi, Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (23/12/2022) lalu. Namun Jokowi tak menjelaskan lebih lanjut kapan reshuffle itu akan dilakukan. “Mungkin. Ya nanti,” kata Jokowi saat ditanya mengenai kemungkinan reshuffle.(Vin)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA