Search

Santri di Ponpes Progresif Indramayu Bisa Bikin Sepatu

Majalahaula.id – Santri tidak melulu mendalami ilmu agama, tapi juga dituntut untuk mahir berwirausaha. Itulah yang dilakukan para santri di Pondok Pesantren Progresif RPK Ulfiyah Segeran Kidul di Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu.

Di sana, para santri mempunyai produk unggulan kerajinan sepatu. Selain menuntut ilmu di pesantren, mereka juga memiliki penghasilan tambahan dari usaha yang mereka lalukan.

Pengasuh Ponpes Progresif RPK Ulfiyah, Miftahul Fatah, mengatakan, hal ini sejalan dengan visi misi pondok pesantren untuk menciptakan pesantren aswaja dan entrepreneur.

“Pesantren yang kami dirikan bukan hanya melakukan kajian kitab fikih dan Al-Quran, tetapi juga diisi dengan kegiatan diskusi serta pelatihan kewirausahaan,” ujar dia yang dilansir AULA dari Tribuncirebon.com, Jumat (16/12/2022).

Baca Juga:  Bentuk Karakter Santri, Ponpes Sabilul Muttaqin Mojokerto Terus Berinovasi

Miftahul Fatah mengatakan, santri di pondok pesantrennya itu mayoritas merupakan mahasiswa. Selain mendapat pendampingan dari para kiai, para santri juga secara mandiri terus melakukan inovasi terhadap produk yang mereka buat.

Mittahul Fatah menjelaskan, pelatihan wirausaha ini sangat penting untuk tumbuh kembang para santri. Dengan begitu, kelak, ketika sudah lulus dari pondok pesantren, para santri sudah memiliki kemampuan untuk berwirausaha selain mengabdikan ilmu agama yang sudah mereka pelajari.

Selain membuat sandal sepatu, lanjut Miftahul Fatah, para santri di sana juga dilatih untuk membudidayakan jamur tiram, jamur krispi caramel, dan ikan tawar.

“Sedangkan produk andalan para santri di sini adalah produksi sendal sepatu,” ujar dia.

Baca Juga:  Kemenag Palas Beri Hadiah Santri Hafidz

Di sisi lain, produk sendal sepatu tersebut, kata Mittahul Fatah, juga sudah dikenalkan kepada Wakil Gubernur Jabar, Bupati Indramayu, dan kalangan pejabat pemerintahan lainnya.

Ia berharap, karya para santri itu bisa mendapat dukungan dari semua pihak agar bisa terus berkembang.

“Kami tentunya sangat berharap dapat dukungan dari semua pihak,” ujar dia

Miftah menjelaskan bahwa ‘Ulvi’S’ merupakan brand produk sepatu yang dihasilkan oleh santri PP Progresif RPK Ulfiyah Segeran.

“PP Progresif memproduksi produk sepatu dengan beragam model dan beragam pilihan bahan baik kulit sintetis maupun kulit asli sesuai dengan selera konsumen,” jelasnya. Pihaknya berharap ke depan brand ‘Ulvi’S” dapat menembus penjualan ke kancah nasional sehingga dapat mewujudkan kemandirian ekonomi pesantren.

Baca Juga:  Rijalul Ansor Lobar Roadshow ke Pesantren

“ Sudah kami mulai dengan menjual secara online dan melalui berbagai saluran promosi,” pungkasnya.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA