Search

Opsi Makanan untuk Kesehatan Paru-Paru

Majalahaula.id – Paru-paru adalah salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Tepatnya merupakan organ respirasi (pernapasan) yang berhubungan dengan sistem pernapasan dan sirkulasi (peredaran darah).

Fungsi utama dari organ ini adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Jika paru-paru terganggu fungsinya, maka kesehatan tubuh manusia bisa terpengaruh secara keseluruhan. Misalnya, polutan yang bisa membikin paru-paru kian rusak. Tak cuma asap rokok, udara yang terpapar saat beraktivitas sehari-hari juga bisa membikin paru-paru jadi kotor. Kondisi ini bisa membuat paru-paru terasa berat.

Konsumsi makanan tertentu dapat membantu membuka saluran udara, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan mengurangi peradangan.

Makanan Pilihan untuk Kesehatan Paru-paru

1. Apel

Sebuah penelitian menyebut mengonsumsi apel secara rutin dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Dikutip dari Healthline, studi menunjukkan bahwa mengonsumsi apel sebanyak lima atau lebih setiap minggunya dapat membuat fungsi paru-paru menjadi lebih baik dan mencegah terjadinya Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK).

Baca Juga:  Gubernur New York Umumkan Darurat Bencana karena Polio

Buah ini juga sering dikaitkan dapat mengurangi risiko asma dan kanker paru-paru. Ini dapat terjadi karena apel kaya akan antioksidan dan flavonoid serta vitamin C.

2. Kunyit

Senyawa kurkumin dalam kunyit disebut dapat membersihkan paru-paru dengan alami serta membantu detoksifikasi sehingga memperkuat kekebalan tubuh. Kunyit juga mengandung antioksidan serta anti-inflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan kepada 2.478 orang menyebut bahwa kunyit dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Bagi mereka perokok aktif, mengonsumsi kunyit dapat meningkatkan 9,2 persen fungsi paru-paru menjadi lebih baik dibanding perokok lainnya yang tidak mengonsumsi kunyit.

3. Tomat

Tomat dan produk tomat lainnya kaya akan likopen, antioksidan karotenoid yang dapat meningkatkan kesehatan paru-paru. Suatu penelitian 2017 menunjukkan bahwa mengonsumsi tomat dapat mengurangi peradangan saluran pernapasan bagi penderita asma.

Baca Juga:  5 Mitos Cacar Monyet Paling Banyak Dipercaya Masyarakat, Benarkah Cuma Menular di Kelompok Gay dan Biseksual?

Tomat juga dapat meningkatkan fungsi paru bagi penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). Hal ini didapatkan karena tomat mengandung vitamin C yang cukup banyak serta kaya akan likopen dan antioksidan karotenoid.

4. Teh Hijau

Jenis teh ini dikenal mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan Epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh hijau merupakan senyawa yang bekerja sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang bisa menghambat fibrosis paru dan jaringan parut (luka).

Studi kecil pada 2020 menunjukkan bahwa pengobatan ekstrak EGCG yang dilakukan selama 2 minggu bisa mengurangi gejala fibrosis yang merupakan penyakit yang ditandai dengan jaringan parut progresif yang mengganggu fungsi paru-paru.

5. Yogurt

Yogurt kaya akan kalsium, potasium, fosfor, dan selenium. Sebuah penelitian menyebut nutrisi dalam yogurt dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan melindungi dari risiko PPOK. Sebuah studi yang dilakukan kepada remaja di Jepang menyebut kalsium, potasium, fosfor, dan selenium yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan fungsi paru-paru dan tinggi kalsium yang dapat mengurangi risiko PPOK sebanyak 35 persen.

Baca Juga:  Jaga Kebugaran, Kapuskes Haji Imbau Jamaah Minum Oralit 1 Sachet per Hari

6. Kopi

Selain meningkatkan energi dalam tubuh, kopi juga mempunyai manfaat untuk kesehatan paru-paru. Sebuah penelitian menyebut mengonsumsi kopi dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan melindungi dari penyakit pernapasan lainnya. Sebuah studi juga menyebut kopi dikaitkan dengan efek positif kepada fungsi paru yakni mengurangi risiko asma.

7. Cokelat Hitam

Cocoa atau cacao merupakan produk seperti cokelat hitam yang tinggi antioksidan flavonoid dan mengandung senyawa yang disebut theobromine. Senyawa tersebut membantu udara yang ada dalam paru menjadi relax. Jenis makanan ini juga kerap dikaitkan dengan mengurangi risiko alergi pernapasan dan membantu mencegah kanker paru.

Itulah yang perlu diketahui tentang makanan pembersih paru-paru. Tidak ada salahnya untuk mencoba merawat paru-paru dengan mengonsumsi makanan di atas.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA