Search

Senyum dan Jabat Tangan Biden – Xi Jinping di Bali Teduhkan Dunia

Majalahaula.id – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping memulai pertemuan tatap muka di Bali pada Senin (14/11/2022) petang. Di awal pertemuan, keduanya berjabat tangan dan menekankan perlunya mengatasi perbedaan serta menghindari konflik.

Seperti dilansir AFP dan CNN, Senin (14/11/2022), pertemuan Biden dan Xi ini digelar menjelang KTT G20 yang dijadwalkan pada 15-16 November di Bali. Keduanya tampak berfoto bersama dan saling berjabat tangan dengan latar belakang bendera nasional AS dan China di awal pertemuan. “Dunia telah tiba di persimpangan jalan,” ucap Xi dalam pernyataannya di awal pertemuan yang masih terbuka untuk pertemuan.

Lebih lanjut, Xi menjanjikan pembicaraan yang ‘terus terang’ dan ‘mendalam’ dengan Biden soal masalah-masalah yang memicu ketegangan di antara kedua negara dengan perekonomian terbesar di dunia ini. “Dunia mengharapkan agar China dan Amerika Serikat akan menangani hubungan itu dengan baik,” ujarnya

Baca Juga:  Jadikan ADWI Program Unggulan, Sandiaga Uno Fokus Ciptakan Lapangan Kerja yang Berdampak pada Peningkatan Ekonomi Masyarakat

“Pertemuan kami telah menarik perhatian dunia, jadi kami perlu bekerja dengan semua negara untuk membawa lebih banyak harapan bagi perdamaian dunia, kepercayaan yang lebih besar pada stabilitas global dan dorongan kuat untuk pembangunan bersama,” tutur Xi, melalui penerjemah.

Sementara Biden menyambut Xi dengan senyuman di awal pertemuan itu. Biden mengatakan bahwa dirinya ingin agar AS dan China mampu mengatasi perbedaan dan mencegah persaingan menjadi konflik. “Saya berkomitmen untuk menjaga saluran komunikasi tetap terbuka antara Anda dan saya secara pribadi, tapi pemerintahan kita secara menyeluruh, karena kedua negara kita memiliki begitu banyak hal sehingga kita memiliki peluang untuk menanganinya,” ujar Biden kepada Xi di awal pertemuan.

Baca Juga:  Pelantikan Pengurus MWCNU Prambon Sidoarjo

“Sebagai pemimpin kedua negara kita berbagi tanggung jawab yang dalam pandangan saya, untuk menunjukkan bahwa China dan AS bisa mengatasi perbedaan kita, mencegah persaingan menjadi apa pun yang mendekati konflik dan menemukan jalan untuk bekerja bersama dalam isu-isu mendesak dan global yang membutuhkan kerja sama timbal balik kita,” jelasnya.

Dalam pertemuan itu, Biden dan Xi didampingi jajaran menteri dan pejabat masing-masing. Laporan CNN menyebut Biden dan Xi sepakat tidak mengenakan masker dalam pertemuan itu, sedangkan para menteri dan pejabat kedua negara lainnya mengenakan masker.(Vin)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA