Search

Ketika Biografi Hadratussyaikh Dilombakan

Majalahaula.id – Ada saja cara unik tiap daerah menyambut 1 Abad Nahdlatul Ulama. Seperti yang dilakukan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Mereka menggelar Islamic Speech Competition (ISC) lomba menghafal biografi KH M Hasyim Asy’ari yang dipusatkan di auditorium Kantor PCNU Kabupaten Mojokerto, Ahad (13/11/2022).

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk menanamkan nilai-nilai agama melalui tokoh KH M Hasyim Asy’ari sebagai Pendiri NU sekaligus yang memprakarsai resolusi jihad,” ujar ketua panitia M Aqim Al Mizan. Dengan kegiatan tersebut, Aqim ingin para pelajar NU se-Mojokerto mengetahui sejarah Hadratussyaikh, termasuk pula sepak terjang dan karya-karyanya. Hal itu agar pelajar NU tetap tersambung sanadnya dengan muassis NU. “Serta, agar teladan yang telah dilakukan dilanjutkan oleh generasi penerus. Seperti kata Bung Karno, jangan sekali-kali melupakan sejarah atau Jas Merah,” imbuhnya.

Baca Juga:  Hadiri Konferensi, PCNU Pati Ingatkan Tantangan Masa Depan

Sekretaris PC IPNU Kabupaten Mojokerto ini menjelaskan, kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan minat dan bakat peserta dalam mendalami sejarah Islam, tokoh Islam, dan tokoh NU ke depannya. “Para peserta pun diupayakan bisa mendakwahkan atau menyebarluaskan sejarah yang sudah mereka pelajari di sekolah dan pondoknya masing-masing sebagai eksistensi santri dalam mengenal pencetus resolusi jihad,” terangnya.

Ia berharap, ke depan para pelajar NU tetap semangat dalam menjalankan roda organisasi. Sebab, pelajar NU merupakan pelajar yang multitalenta di bidang apapun dan dalam hal apapun. “Alhamdulillah, acara berjalan lancar. Sedikitnya 47 santri dan pelajar se-Mojokerto mengikuti kegiatan ini,” tandasnya.

Selain untuk menyambut 1 Abad NU, acara ini juga merupakan salah satu rangkaian Hari Santri 2022. Adapun tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah ‘Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan’.(Vin)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA