Search

Bambang Wuryanto Rapat Dengar Pendapat Tegang

Majalahaula.id – Ketua Komisi III DPR RI yang lebih akrab disapa Bambang Pacul ini terlihat marah saat memimpin rapat dengar pendapat umum (RDPU) bersama dengan Aliansi Reformasi KUHP yang memberi masukan terkait Rancangan Undang Undang Kitab Undang Undang Hukum Pidana (RKUHP).

Pacul memarahi perwakilan Pusat Studi Hukum dan Kajian Indonesia (PSHK) Anthony Putra yang mempertanyakan mengenai nasib masukan mereka usai didengar oleh DPR. Awalnya, Anthony mengungkit ucapan Pacul yang menyatakan bahwa draf RKUHP sudah bisa diakses di mana-mana, sehingga DPR jangan sampai dianggap membahas RKUHP secara diam-diam.

Anthony mengatakan, pihaknya sadar DPR dan pemerintah sudah melakukan banyak rapat dengar pendapat undang-undang dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat. Hanya saja, ia menyoroti sejauh mana masukan masyarakat diterima oleh DPR dan pemerintah.

Baca Juga:  H Ulil Abshar Abdalla Sikapi Kekerasan Aparat Negara

“Tapi mempertanyakan sejauh mana kemudian aspirasi masyarakat diakomodir dalam RUU yang dibentuk,” ujar Anthony di ruang rapat Komisi III DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (14/11/2022).

Anthony menjelaskan, pihaknya bukan ingin menekankan bahwa setiap masukan harus diakomodir oleh DPR. Namun, ia menuntut penjelasan DPR apabila mereka menolak mengakomodir masukan dari masyarakat.

“Nah ini muncul karena dalam beberapa hal posisi kami justru tidak jelas. Misalnya, belajar dari proses pembentukan UU sebelumnya, keikutsertaan koalisi atau salah satu lembaga yang tergabung dalam koalisi, justru hanya dijadikan justifikasi bahwa partisipasi publik itu sudah dilakukan,” kata Anthony.

Bambang Pacul lantas memotong penjelasan Anthony. Ia menilai, apa yang disampaikan Anthony tidak berbicara pada inti permasalahan RKUHP. “Dikau tadi sudah kita sepakati, ini proses sudah berlangsung lama, dikau kalau belum cocok di pasal yang sudah di-upload, dikau ngomong itunya. Kalau ini ngomong perjalanan history-nya, panjang,” kata Pacul.

Baca Juga:  Sutiaji Yakin Covid-19 Melandai

Pacul menyebut bahwa DPR tidak wajib menjelaskan alasan mereka menolak sebuah aspirasi. Apalagi, antar pemberi pendapat saja belum tentu satu suara. Dirinya juga mengajak menyudahi diskusi dengan mengajak peserta mempelajari dulu mekanisme yang ada di DPR. Bahwa saat berdiskusi tidak dalam kapasitas menuntut wakil rakyat untuk menerima masukan yang ada, apalagi meluluskan tuntutan. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA