Search

Siswa SMK Tanada Belajar Jurnalistik di AMG

Siswa SMK Tanada Belajar Jurnalistik di AMG

Majalahaula.id – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tanada Waru, Sidoarjo berkunjung ke kantor Aula Media Group (AMG) yang terletak di Jl. Masjid Al-Akbar Timur No.9 Surabaya. Kunjungan itu dalam rangka meningkatkan pengetahuan siswa tentang jurnalistik.

 

Guru Produktif Jurusan Multimedia, Elok Sofia menyampaikan, setiap tahun, pihaknya melakukan kunjungan industri di berbagai media, seperti televisi, radio, koran dan majalah. Kali ini, siswa yang berkunjung ada 92 orang, mereka adalah siswa kelas XI dan  XII.

 

“Supaya mereka mengerti bagaimana industri di lingkungan sekitar, di area luar sekolah seperti, meliput yang dilakukan oleh jurnalis, proses pembuatan majalah, hingga siaran podcast. Karena selama ini siswa praktiknya masih di lab sekolahan, jadi mereka belum mengerti bagaimana kerja media sesungguhnya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Sukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan

Siswa SMK Tanada Belajar Jurnalistik di AMG

Elok ingin, kunjungannya ke Aula Media ini, siswa bisa mencontoh bagaimana manajerial perusahaan, mulai dari proses produksi, pembagian jobdesk, hingga penguatan  solidaritas antar tim.

 

“Kami senang berkunjung ke sini,  siswa bisa keliling untuk melihat proses shooting, penataan lighting studio, greenscreen dan lain-lain. Kalau di sekolahan itu studio terbatas, alatnya juga kurang, tidak selengkap di Aula Media,” jelasnya.

 

Elok menjelaskan, di SMK Tanada, ada beberapa mata pelajaran yang kaitannya dengan multimedia. Misalnya pengambilan proses video, pasca dan seterusnya, itu ada di pelajaran teknik pengolahan audio dan video. Sedangkan, tentang majalah atau buletin terdapat dipelajaran desain grafis percetakan.

Siswa SMK Tanada Belajar Jurnalistik di AMG

 

Elok berharap ke depan bisa menjalin kerjasama yang baik, misalnya siswa SMK Tanada diterima untuk magang di AMG. Selain itu, pelatihan khusus guru dan siswa dari Aula Media Group.

Baca Juga:  Dorong Siswa Kuasai Bahasa Asing

 

“Kami berharap setelah kunjungan ini, siswa bisa menyeimbangkan antara teori dan praktiknya, setidaknya sedikit mereka jauh mengerti. Sebab, tahun depan siswa sudah lulus, jadi paham tantangannya kerja di bidang multimedia itu,” tutur Elok.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA