Search

LAZISNU Cilacap Gandeng LPS Gelar Sertifikasi Amil Zakat

Majalahaula.id – NU Care-LAZISNU Cilacap melakukan Uji Kompetensi Sertifikasi Amil Zakat dengan menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Bisnis Ekonomi dan Keuangan Syariah.

Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU Cilacap, Ahmad Fauzi menyampaikan, uji kompetensi dan sertifikasi amil zakat ini diselenggarakan sebagai wujud komitmen dari NU Care-LAZISNU Cilacap untuk menghadirkan dan meningkatkan profesionalitas kinerja dan pelayanan publik dalam mengelola dana zakat sesuai standar dan regulasi yang berlaku.

Lebih lanjut, Fauzi mengungkapkan, jaringan NU Care- LAZISNU Cilacap sudah tersebar di 22 kecamatan di Kabupaten Cilacap. Sehingga sertifikasi ini nantinya akan menjadi agenda yang dilakukan secara berkelanjutan.

“Uji kompetensi dan sertifikasi amil zakat ini diikuti 9 orang dari manajemen eksekutif NU Care-LAZISNU Cilacap dan 1 orang dari perwakilan NU Care-LAZISNU Kab. Temanggung. Dari 10 amil tersebut dinyatakan kompeten dalam uji sertifikasi SKKNI kualifikasi 3 bidang pengelolaan zalat oleh LSP Beksya,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemerintah Bebaskan Karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri

Sementara, perwakilan dari LSP Beksya Nur Hasan mengatakan, posisi dan pentingnya sertifikasi bagi tenaga kerja dalam hal ini amil yang telah berpengalaman. Ia menjelaskan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan dinyatakan pembentukan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang independen untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja bagi tenaga kerja, baik yang berasal dari lulusan pelatihan kerja dan tenaga kerja yang telah berpengalaman dengan pentingnya sertifikasi.

“Uji kompetensi ini adalah amanat dari UU nomor 13 juga PP 10 BNSP dan sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) terbaru Nomor 30 Tahun 2021 tentang bidang pengelolaan zakat. Dalam hal ini dilakukan oleh LSP Bisnis Ekonomi Keuangan Syariah yang telah diberikan lisensi oleh BNSP,” terangnya.

Baca Juga:  Wali Kota Medan Ajak Fatayat NU Kolaborasi

Sementara itu, Ketua NU Care LAZISNU Cilacap H Wasbah Samudra Fawaid menyampaikan tujuan pelaksanaan uji kompetensi dan sertifikasi amil zakat ini untuk meningkatkan profesionalitas amil dalam mengelola dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) melalui NU Care-LAZISNU Cilacap. Juga menginventarisir persoalan tentang zakat, infak dan sedekah sekaligus mencari solusi bersama.

“Kegiatan ini juga sekaligus mempelajari tentang kompetensi kualifikasi 3 bidang pengelolaan zakat,” jelas Wasbah. *Wahyu Noerhadi

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA