Search

Tips Merebus Sayuran Agar Tetap Tampak Segar

Majalahaula.id – Kita tak bisa asl-asalan merebus sayuran. Sebab, risikonya bukan hanya kesegaran warnanya saja yang berkurang, namun juga tekstur renyah yang dimiliki sayuran.

Ketika kita merebusnya terlalu lama, suhu panas air bisa terus mematangkan sayuran meski sayuran sudah diangkat dari atas air. Efeknya, sayuran akan terlalu matang sehingga tak lagi segar.

Untuk merebus sayuran agar tampak hijau dan segar, ada beberapa tips yang bisa kita terapkan untuk merebus sayur agar tampak lebih hijau, segar dan sehat. Berikut beberapa tipsnya.


Masukkan Sayur Saat Air Sudah Mendidih

Saat merebus sayuran, masukkan sayur ke dalam panci saat air sudah mendidih. Segera aduk-aduk sayur dan ratakan. Cara ini akan membuat sayur cepat matang dan tetap hijau saat diangkat dari panci. Sebaiknya rebus sayur dengan api besar selama 1 sampai 2 menit agr nutrisi yang terkandung dalam sayur tidak berkurang banyak.

Baca Juga:  Tekan Laju Penyebaran Covid-19, PCNU Kota Batu Gelar Vaksinasi Booster

Masukkan Sayur yang Telah Direbus di Air Es

Setelah sayur yang direbus matang dan layu, segera masukkan sayur ke dalam air es matang. Hal ini akan membuat sayur yang telah direbus menjadi tampak lebih segar, hijau dan bernutrisi tinggi.

Tambahkan Soda Kue Saat Merebus Sayur

Tambahkan soda kue saat merebus sayur. Soda kue tak hanya membuat sayur tampak hijau dan segar tetapi juga membuat sayur matang serta empuk sempurna. Biasanya, sayur yang ditambahkan soda kue saat merebus adalah sayur daun ketela.

Tambahkan Sedikit Garam

Jika kamu tak memiliki persediaan soda kue di rumah, tambahkan sedikit garam ke dalam panci untuk merebus sayur. Garam juga akan membuat sayur tampak lebih hijau, segar dan empuk.

Baca Juga:  Turunkan Stunting, Fatayat NU Brebes Luncurkan Gersagi

Tambahkan Sedikit Minyak Sayur

Untuk dapatkan sayur yang tampak hijau dan segar, saat merebusnya tambahkan sedikit minyak sayur. Minyak sayur tak hanya membuat sayuran yang telah direbus tampak lebih hijau tetapi juga tampak lebih segar. Sayuran ini juga tampak lebih mengkilap.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA