Search

Kali Kelima, Fatayat NU Kuningan Jabar Selenggarakan Festival Barzanji

Majalahaula.id – Sebanyak 20 grup dari perwakilan SMA/SMK/madrasah aliyah sederajat se-Kabupaten Kuningan, Jawa Barat mengikuti festival barzanji. Acara merupakan kegiatan kelima yang digelar Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kuningan yang bekerja sama dengan pemerintah setempat. Acara dilaksanakan Rabu (19/10/2022) di pendopo Bupati Kuningan, Jalan Siliwangi.

“Alhamdulillah Bupati mempersilakan kami menggunakan pendopo sebagai lokasi lomba karena ini milik masyarakat Kuningan juga,” kata Ketua PC Fatayat NU Kuningan, Dadah Samrotil Fuadah.

Menurutnya, festival barzanji merupakan rangkaian acara maulid Nabi Muhammad SAW dan juga Hari Santri 2022. Apalagi barzanji merupakan rangkaian syair yang menceritakan sejarah baginda Rasulullah SAW. Karena itu pengenalan sejarah Rasulullah kepada generasi muda sangat penting sebagai landasan dalam menapaki kehidupan.

Baca Juga:  Ansor di Sumbawa Gelar Khitanan Massal Gratis

“Harapannya agar lahir generasi muda yang berakhlakul karimah dan tidak akan melupakan sejarah. Kehidupan Rasulullah SAW ini bisa jadi uswatun hasanah bagi ummatnya,” papar Dadah.

Bupati Kuningan, Acep Purnama mengapresiasi festival barzanji ini. Apalagi pesertanya adalah pelajar dan generasi muda. Dan dirinya mendukung kegiatan lantaran sejalan dengan visi Pemda Kuningan yang ingin mewujudkan masyarakat yang agamis dalam setiap sendi kehidupan.

Pada kesempatan tersebut hadir perwakilan Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat NU Jawa Barat yang bangga atas terselenggaranya acara ini.

“Jadi ini salah satu program dari porda Fatayat NU Jawa Barat yang punya misi atau memiliki misi dalam mengembangkan dan mengembangkan kembali potensi yang ada di Jawa Barat khususnya di Kabupaten Kuningan dan membuktikan bahwa kami bergerak,” paparnya.

Baca Juga:  Presiden akan Serahkan Bansos dan Tinjau Balai Besar Penelitian Tanaman Padi di Subang

Menurutnya, Fatayat NU Jabar juga melaksanakan program yang bisa dikerjasamakan dengan pemerintah daerah di manapun berada.

Nampak hadir pada pembukaan festival barzanji kelima ini, Wakil Bupati Kuningan, Forkopimda Kuningan, Sekda Kuningan, Ketua PCNU Kuningan dan para sesepuh pondok pesantren. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA