Search

Kick Off 1 Abad NU Kota Probolinggo Dibuka dengan Jelajah Santri

Majalahaula.id – Sekitar 1.000 pelajar tingkat Sekolah Dasar dan SMP ikut meramaikan Kick Off 1 Abad Nahdlatul Ulama di Kota Probolinggo Jawa Timur. Para pelajar ini adalah siswa dari lembaga pendidikan (LP) Ma’arif NU dan Satuan Komando atau Sako Ma’arif NU yang mengikuti Jelajah Santri Kedua, Sabtu (8/10/2022).

Kegiatan yang mengangkat tema “Tanamkan Jiwa Bakti Pertiwi” ini dipusatkan di lapangan SMAN 4 Kota Probolinggo, digelar selama dua hari 8-9 Oktober 2022. Acara secara resmi dibuka oleh Ketua Pengurus Cabang NU (PCNU) Kota Probolinggo, H Samsur, dengan ditandai pemukulan gong.

Terlihat hadir dalalam Kick Off ini, Katib Syuriyah PCNU Kota Kraksaan, Kiai Muhtarom, bendahara PCNU Kota Probolinggo, H Ahmad Zaini, Wakil Sekretaris PCNU Kota Probolinggo H Husni Mubarok dan Ketua LP Ma’arif NU Kota Probolinggo M. Holil.

Baca Juga:  Lomba Futsal Sarungan Sambut 1 Abad NU dan Hari Santri Nasional

Ketua PCNU Probolinggo, Samsur mengungkapkan, rangkaian kegiatan ini untuk menyongsong 1 Abad NU di Kota Probolinggo. “Akan dibuat semeriah mungkin dan menjadi satu rangkaian dengan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2022 dengan melibatkan seluruh Lembaga dan Banom sesuai bidangnya,” ungkap Samsur.

DitambahkannyaIa kegiatan Jelajah Santri 2 tahun ini diisi dengan lomba teknik kepramukaan dan olimpiade Aswaja, yang bertujuan untuk melatih kemandirian, kekompakan dan mengenalkan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah, An-Nahdliyah serta meneguhkan iman dan memperat ukhwah sesama santri. “Seluruh kegiatan kami fokuskan untuk menanamkan nilai-nilai ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah (Aswaja) An-Nahdliyah kepada anak didik kita, kepada para santri sehingga semakin kenal terhadap prinsip-prinsip yang ada di Nahdlatul Ulama,” jelasnya.

Baca Juga:  Ikthtiar MWCNU Porong demi Juarai PCNU Sidoarjo Award

Sementara itu, Ketua LP Ma’arif NU kota Probolinggo, M. Holil menyatakan tujuan utama digelarnya Jelajah Santri 2 ini untuk memupuk nilai-nilai positif terhadap para pelajar SD, MI serta MTs, baik di luar pesantren maupun di dalam pesantren. “Kami berharap melalui Jelajah Santri peserta didik dapat mengenal dan tau bisa memahmi Aswaja An-nahdliyah. Semoga dengan dibukanya Kick Off 1 Abad NU oleh PCNU Kota Probolinggo, membawa kemaslahatan untuk semua,” tandas Holil.(Vin)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA