Search

Ansor di Provinsi Riau Gelar Apel Kesaktian Pancasila

Pada Sabtu (01/10/2022) digelar Hari Kesaktian Pancasila di sejumlah kawasan di Tanah Air. Hal tersebut sebagai bentuk rasa terima kasih atas Pancasila yang menjadi perekat bangsa.

Kali ini Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Satuan Koordinator Cabang atau Satkorcab Barisan Ansor Serbaguna atau Banser Kabupaten Siak. Kegiatan apel Hari Kesaktian Pancasila yang dipusatkan di kantor Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Siak.

Acara dihadiri Ketua Gerakan Pemuda Ansor Cabang Siak Ahmad Arif Nurhabiby, Agus Muzdofar sebagai Ketua Dewan Penasihat, Toni Yufida Ketua Satkorcab Banser, Lintank Satkoryon Kerinci Kanan, Gerakan Pemuda Ansor dari beberapa Ranting, Banser se-Kabupaten Siak.

Dalam arahannya, Ketua PC GP Ansor Siak menyampaikan bahwa dengan digelarnya Peringatan Hari Pancasila mengingatkan pada perjuangan para pahlawan revolusi dalam mempertahankan Pancasila. “Kita tidak boleh melupakan bagaimana Pancasila akan dirong-rong oleh paham komunis yang akan mengubah dasar negara,” ujar Arif sebagai insfektur upacara.

Baca Juga:  Tantangan Abad Kedua NU adalah Jaga Persatuan

Disampaikan bahwa Ansor dan Banser sebagai generasi penerus. Dirinya mengingatkan jangan pernah lupa dan lengah dalam menjaga persatuan dan kesatuan. “Kita tidak boleh lengah, kalau kita lengah akan masuk paham yang dapat menghancurkan Pancasila. Karena sejarah telah memberikan pelajaran yang sangat penting di masa lalu,” katanya.

Dasar negara Pancasila merupakan rumusan para ulama yang telah ditetapkan sebagai ideologi. Upaya yang telah dilakukan sejumlah tokoh bangsa menjadi pelajaran penting dalam upaya menjaga suasana kondusif hingga kini. “Di bulan Oktober 1965 Ansor dan Banser melakukan aksi demo untuk menolak komunis di negara Republik Indonesia,” katanya.

Dikatakan Arif, Pancasila tidak hanya sebatas diterima dalam pendidikan namun harus di amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan hal ini menjadi tantangan bagi semua kalangan. “Kita harus mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” tegasnya. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA