Search

Memakmurkan Masjid adalah Menyejahterakan Indonesia

LTM PBNU

Majalahaula.id – Banyak manfaat yang dapat dilakukan kalau masjid yang ada di Tanah Air bisa diberdayakan. Karena keberadaan masjid tidak semata sebagai tempat ibadah, juga kalau dikelola dengan baik juga mampu memnyejahterakan warga sekitar.

Hal ini juga yang menjadi konsentrasi Lembaga Takmir Masjid Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LTM PBNU) yang menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas). Kegiatan dilaksanakan Rabu hingga Kamis (28-29/09/2022) di Wisma Tugu Kementerian Agama, Bogor, Jawa Barat.

Ketua LTM PBNU H Mansyur Syaerozi menceritakan saat dirinya diangkat sebagai Ketua LTM PBNU masa khidmah 2015-2020, ia sowan kepada seorang kiai untuk meminta nasihat. Kiai tersebut justru mengajukan sebuah pertanyaan kepadanya mengenai definisi masjid. H Mansyur menjawab bahwa masjid adalah tempat bersujud. Namun sang kiai meminta dirinya bertanya kepada yang punya masjid, yaitu Allah SWT.

Baca Juga:  Akrabnya Presiden Jokowi dan Marc Maquez Jelang MotoGP Mandalika

Dari situ, H Mansyur memahami definisi masjid menurut Allah seperti yang terdapat dalam hadits qudsi berikut. “Sesungguhnya rumah-rumah-Ku di bumi adalah masjid-masjid. Siapa yang mendatangi masjid dia saya catat sebagai orang yang memakmurkan rumah-Ku. Beruntunglah orang yang bersuci di rumahnya (mandi dan ambil wudhu di rumahnya), kemudian menemui-Ku di rumah-Ku. Hak-Ku adalah memuliakan orang yang datang ke rumah-Ku,” katanya.

“Datang saja dimuliakan. Apalagi yang mengurusi masjid. Maka itulah yang menjadi pegangan saya sebagai Ketua LTM sehingga mengurus masjid,” ujarnya. Pertanyaan kedua dari sang kiai, lanjut H Mansyur, mengenai apa yang diperintahkan oleh Yang punya rumah kepada manusia. “Perintah kepada kita adalah memakmurkannya,” lanjut H Mansur.

Baca Juga:  Ada Wacana Penggunaan Vaksin Dosis Empat

Ia menyebutkan di dalam Al-Qur’an, ada dua perintah memakmurkan yaitu memakmurkan masjid dan memakmurkan bumi. “Dialah Allah yang menciptakan kalian dari tanah dan menuntut kalian untuk memakmurkannya. Maka motto LTM PBNU adalah dari rumah-Nya, kita makmurkan bumi-Nya. Dari rumah-Nya kita makmurkan Indonesia,” seru H Mansur disambut tepuk tangan hadirin.

Ia memberikan contoh jika ada sejuta masjid yang setiap masjidnya ada 50 jamaah, maka ada 50 juta jamaah yang dimakmurkan. Jika ada 50 juta jamaah yang dimakmurkan, maka berarti memakmurkan Indonesia. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA