Search

Fatayat NU Banyumas Latih Kader Penyelenggaraan Pemilu

Majalahaula.id – Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Banyumas, Jawa Tengah mengadakan kegiatan kursus kader penyelenggara Pemilu, Sabtu (24/09/2022). Kegiatan dipusatkan di gedung KBIHU NU Alarofat Purwokerto.

Acara ini diikuti sebanyak 219 peserta dari masing masing Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU se-Kabupaten Banyumas. Tampak pula memberikan dukungan, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banyumas, H Sabar Munanto.

Ketua PC Fatayat NU Banyumas, Eva Lutfiati Khasanash mengatakan salah satu tujuan kegiatan kursus kader ini menambah wawasan tentang kepemiluan. Diharapkan nantinya bisa ditularkan ke anggota yang tidak mengikuti kegiatan.

“Sehingga kader Fatayat NU tidak lagi hanya sebagai obyek ketika ada informasi masuk, tawaran politik yang masuk ke kita, tidak seperti air di daun talas. Akan tetapi sudah mempunyai sikap politik yang dapat dipertanggungjawabkan, apapun pilihannya,” katanya.

Baca Juga:  Fatayat NU Audiensi dengan Kemenkumham Aceh

Eva juga berharap banyak kader yang berproses dapat mengikuti proses penyelenggaran pesta demokrasi. Baik sebagai penyelenggara atau pengawas tentu dengan kemampuan yang dimiliki. “Kita dapat ikut berkompetisi dengan kader yang lain,” lanjutnya.

Ketua KPU Kabupaten Banyumas, H Imam Arif Setiadi mengatakan bahwa makna penting partisipasi politik perempuan adalah adanya peningkatan kualitas hidup dan peran perempuan. Juga perbaikan hukum dan perundangan yang deskriminatif, dan penguatan kelembagaan yang mengedepankan kepentingan kaum perempuan.

“Mengapa perempuan harus berpartisipasi dalam politik, karena semakin banyak pemimpin atau wakil rakyat yang memiliki sensitif gender,” katanya.

Dengan demikian pemilu diharapkan menghasilkan pemimpin dan atau rakyat yang aspiratif, akuntabel, kapabel di lembaga lembaga legislatif maupun ekskutif. Pemilu sebagai salah satu alat rotasi kekuasaan dan rekruitmen pemimpin atau wakil rakyat yang paling demokratis.

Baca Juga:  Program Unggulan yang Bawa LTN-NU Jombang Juarai PWNU Jatim Award 2019

Kegiatan atas kerja sama Fatayat NU dengan KPU Kabupaten Banyumas. Selain menghadirkan Ketua KPU juga ada pemateri lainnya. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA