Search

PBNU Sosialisasi Harlah 1 Abad NU di Pekalongan

Jelang Hari Kelahiran (Harlah) 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU), Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melakukan sosialisasi ke sejumlah daerah. Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf melakukan sosialisasi persiapan menyambut satu abad NU, di Gedung Aswaja Center, Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (2/9/2022).

Sosialisasi ini yang digelar sekaligus acara silaturrahmi ke Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se-Pekalongan Raya, meliputi PCNU Kabupaten Pemalang, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Brebes. Dalam acara tersebut, Gus Yahya, panggilan akrab Ketua Umum PBNU juga menjelaskan peran NU di kancah nasional dan global. “NU ini akan besar dan akan menjadi kekuatan besar kalau terkonsolidasi dan bergerak bersama. Ini pentingnya pertemuan semacam ini,” katanya dalam pidato di hadapan para pengurus PCNU se-Pekalongan Raya.

Baca Juga:  Kiai Marzuki Mustamar Buka MTQ NU "Kapolda Jatim Cup"

Dalam menyongsong satu abad NU, ia memiliki agenda besar mengundang para pemuka agama se-dunia dalam forum yang dinamakan Relegion Twenty (R20). Forum R20 menjadi satu dari sembilan kegiatan pokok NU dalam menyongsong peringatan satu abad lahirnya ormas Islam terbesar se-Tanah Air itu. “Para pemimpin agama di dunia akan berkumpul dalam forum R20 di Bali, pada 2-3 November 2022, mendatang,“ terang kiai kelahiran Rembang, 15 Februari 1966 itu.

Selain forum R20, Gus Yahya juga menyebutkan bahwa NU akan menggelar Muktamar Fikih Peradaban. Saat ini, serial kegiatan fikih peradaban telah berlangsung, rencananya akan dilaksanakan di 250 titik se-Indonesia. “Selain menggelar R20, menyambut satu abad, NU juga akan menggelar Muktamar Fikih Peradaban yang akan didahului dengan 250 halaqah di berbagai pesantren di seluruh Indonesia,” imbuh dia.

Baca Juga:  KH Miftachul Akhyar Kenangan Bersama Kiai Hasyim

Dalam kegiatan silaturrahim kali ini, Gus Yahya hadir didampingi Sekretaris PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) serta Ketua PWNU Jawa Tengah KH Muzamil.

Seperti diketahui, harlah NU kali akan menggelar sembilan rangkaian kegiatan.

1. Religion of Twenty atau R20. Kegiatan ini merupakan forum dialog pemimpin agama sedunia. Kegiatan ini untuk menyatukan pandangan berkaitan dengan isu strategis.

2. Muktamar Internasional Fiqih Peradaban. Kegiatan ini merupakan konferensi internasional yang menghadirkan para pemikir dan fuqaha, pemuka agama Islam dunia untuk merumuskan berbagai masalah dengan sudut pandang fiqih.

3. Festival Tradisi Islam Nusantara

4. Gerakan kemandirian NU, meliputi inovasi di bidang ekonomi dan juga meliputi upaya untuk mengatasi persoalan besar, salah satunya lingkungan hidup.

Baca Juga:  Kebut Kaderisasi, Fatayat NU Kota Bengkulu Selenggarakan Latihan Kader Dasar

5. NU Tech. NU menghadapi abad kedua ini, menurutnya, harus disiapkan untuk menggunakan platform yang sejalan dengan dunia.

6. Pekan Olahraga NU, sebuah ajang mewadahi sporitivitas di kalangan Nahdlatul Ulama dengan melibatkan masyarakat luas yang ingin berpartisipasi.

7. Anugerah Tokoh An-Nahdlah. Program ini merupakan penghargaan tokoh inspiratif.

8. NU Women. Program ini merupakan satgas perempuan yang difungsikan untuk mendampingi masyarakat dalam mendampingi isu besar dan strategis. Ada tiga fokus, yakni : (1) perdagangan orang (human trafficking), (2) perlindungan perempuan dan anak, dan (3) perubahan iklim dan lingkungan hidup.

9. Resepsi puncak harlah NU yang akan dilaksanakan di Gelora Bung Karno, Jakarta pada tahun mendatang. (Vin)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA