Search

Bikin Sup Kaledo di Rumah, Ini Bahan dan Cara Pembuatannya

Majalahaula.id – Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan sup kaledo (khas palu) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.
Kali ini, Anda bisa coba, variasikan sup kaledo sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan:
1 kg tetelan daging sapi atau tulang sapi
3 liter air mineral

Bahan bumbu:
2 sdm bawang merah goreng
½ sdm garam halus
½ sdt gula pasir
1 sdm kaldu sapi
1 ons cabe rawit hijau
3 lembar daun jeruk
7 tangkai asam Jawa yang masih mentah

Baca Juga:  Pasar Lama Tangerang, Tempatnya Kuliner Enak, 5 Ini Wajib Dicoba!

Bahan pelengkap:
½ kg singkong

Cara membuat:
1. Rebus 3 liter air mineral sampai benar-benar mendidih, masukkan cabai rawit hijau dan rebus sampai cabai nya layu, kemudian angkat dan tiriskan.
2. Haluskan cabai rawit hijau dengan alat tradisional uleg yang terbuat dari tanah liat. Tambahkan sedikit garam, dan lanjut haluskan kembali cabai rawit hijaunya.
3. Rebus 7 tangkai asam Jawa dalam air yang telah mendidih, rebus sampai asam Jawa berubah menjadi lembek.
4. Setelah bentuknya lembek, angkat asam Jawa dan tiriskan dalam mangkuk. Kemudian hancur kan asam tersebut sampai halus.
5. Tambahkan sedikit pada asam Jawa yang telah di hancurkan. Kemudian saring air asam Jawa tersebut, dan ambil airnya asam nya saja.
6. Rebus 1/2 kg singkong, kemudian tambahkan sedikit garam, agar singkong cepat empuk. Setelah matang tiriskan singkong dalam wadah yang telah di sediakan.
7. Kemudian rebus tulang sapi selama 5-10 menit, sampai mendidih airnya. Kemudian buang kotoran daging yang ada dalam rebusan tersebut.
8. Masukkan daun jeruk dan tutup rapat rebusan tulang sapi tersebut. Kemudian tunggu beberapa menit sampai daging dan tulang sapinya matang.
9. Kemudian tambahkan sambal hijau untuk menambah kenikmatan pedasnya Kaledo khas Kota Palu ini.
10. Tambahkan gula, garam, sedikit bawang merah yang telah di goreng untuk menambah aroma sedapnya.
11. Masukkan air asam Jawa, aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata. Kemudian masukkan bawang merah lagi, dan aduk kembali.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA