Search

Kick Off Seabad NU, BKNU Pasuruan Gelar Lomba Balap Perahu

Menyongsong usia seabad Nahdlatul Ulama (NU), beragam kegiatan digelar nahdliyin di sejumlah daerah. Sebagai penanda dimulainya serangkaian kegiatan menyambut usia 100 tahun NU, Badan Kemaritiman Nahdlatul Ulama (BKNU) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan menggelar ‘Lomba Balap Kapal’ di Pantai Lekok Pasuruan, Jawa Timur.

Lomba Balap Kapal yang juga digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia ini berlangsung meriah. Lomba ini diiikuti 26 unit kapal atau perahu nelayan tradisional. Ketua BKNU Pasuruan Said Al Hudri mengatakan ada 2 kategori perahu yang dilombakan dalam ajang ini. “Kategori A untuk perahu bermesin besar dan kategori B untuk perahu bermesin kecil,” kata Ketua BKNU Pasuruan yang akrab disapa Gus Hudri ini.

Baca Juga:  Titi Anggraini Pemerintah dan DPR Inkonsisten

Gus Hudri menambahkan, acara Lomba Balap Kapal ini dilaksanakan atas kerjasama dengan Pemerintah Desa Wates, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan. “Meski persiapannya waktunya mepet, Alhamdulillah acara berlangsung meriah dan disambut dengan baik warga pesisir,” ungkapnya.

Turut hadir dan menaiki perahu pada pembukaan lomba ini Sekretaris PCNU Pasuruan KH Saiful Anam Chalim, Bendahara Gus Nurul Anwar Nadhir, serta Wakil Ketua KH Abdulloh Nasih Nashor dan Gus M Nawawi.

Menurut Gus Hudri, judul lomba ini disesuaikan dengan budaya dan kebiasaan warga setempat. “Warga Lekok Pasuruan menyebut perahu sebagai kapal sehingga kami namai ini lomba kapal bukan perahu,” ujarnya.

Selain untuk menyambut seabad usia NU, lanjut Gus Hudri, tujuan digelarnya lomba ini adalah sebagai sarana kreativitas bagi masyarakat pesisir, sekaligus untuk meningkatkan semangat dan kepercayaan diri nelayan. “Yang terpenting lomba ini sekalian kami mengenalkan kepada warga disini bahwa sudah ada wadah untuk nelayan yang nahdliyin ya BKNU ini,” tegasnya.

Baca Juga:  Puti Guntur Soekarno Sementara Konsentrasi Pileg

Gus Hudri mengaku selama ini, nelayan di Pasuruan rata-rata adalah warga NU. Hanya mereka belum punya wadah yang menaungi mereka. “Dengan mengenalkan organisasi baru ini, semoga ke depannya kami jadi lebih mudah melaksanakan program-program kemaritiman yang tentu dengan harapan bermanfaat untuk nahdliyin,” jelasnya.

Atas suksesnya acara ini, BKNU Pasuruan berencana akan menggelar sejumlah program di daerah pesisir lainnya. “Alhamdulillah. Lomba Balap Kapal berjalan dengan lancar dan meriah. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyukseskan lomba, semoga kerjasama yang terjalin bisa berlanjut untuk program-program lain,” pungkas Gus Hudri. (Vin)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA