Search

PC LTM-NU Kencong Siapkan 2 Masjid untuk Masjid NU Terbaik

Ajang penganugerahan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Award 2022 terus menuai sambutan hangat sejumlah daerah. Bahkan kini sejumlah daerah sudah mulai menyiapkan diri memilih yang terbaik agar daerahnya berhasil memenangi ajang bergengsi NU se-Jawa Timur itu.

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTM-NU) Kencong, Jember telah melakukan berbagai program termasuk pendataan hingga pemasangan plakat masjid NU. Selain menjadi program prioritas, hal itu dilakukan guna menyiapkan masjid terbaik yang akan diusulkan dalam ajang NU Award Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur 2022.

Seperti diberitakan sebelumnya, selain penilaian LTM-NU terbaik di Jawa Timur, PWNU Award 2022 akan mencari Masjid NU Jatim terbaik. PC LTM-NU Kencong mengaku mengantongi dua alternatif masjid yang akan diusulkan. Yakni Masjid Al Ikhlas yang berada di Kecamatan Umbulsari dan Masjid Hidayatul Munawaroh Mayangan di Kecamatan Gumukmas, Jember.

Baca Juga:  PWNU Jabar: Khilafah Hanya Cara Adu Domba untuk Tujuan Politik

Sekretaris PC LTM-NU Kencong, Akhmad Rudi Masrukhin mengatakan beberapa standar kriteria masjid yang akan dinilai oleh Pengurus Wilayah (PW) LTMNU Jawa Timur. Diantaranya dari aspek fasilitas, aktifitas program kegiatan, kebersihan dan kesucian, aset tanah, adminstrasi dan ketersediaan teknologi informasi dan lain-lain. “Sementara ini, kita berencana akan mengusulkan dua masjid tersebut yang secara standar kriteria hampir memenuhi aspek penilaian,” kata Rudi.

Menurutnya dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, pihaknya telah melakukan pendataan masjid dan mushala se-wilayah PCNU Kencong sekaligus pemasangan labelisasi atau plakat bertuliskan NU. “Kami sudah melakukan pendataan masjid terlebih dahulu, sekaligus pembagian SK pengurus takmir. Selain itu juga penyeragaman stempel takmir masjid se-Wilayah PCNU Kencong,” ungkapnya.

Baca Juga:  NU Ajak Ulama Sedunia Bahas Piagam PBB

Selain pendataan, pihaknya sekaligus melakukan sosialisasi terkait SK pengurus takmir dan penyeragaman admnistrasi. Sosialisasi ini bertujuan untuk melakukan 3P (Pendataan, Pemberdayaan dan Penegasan) kepada seluruh takmir masjid yang beramaliah NU. “Baik yang sudah tergabung maupun belum tergabung dalam data base masjid PC LTMNU Kencong,” kata kandidat Doktor di Universitas Negeri Malang ini.

Rudi menjelaskan, data sementara berdasarkan rekapitulasi terdapat 50 masjid yang sudah terdaftar dan telah dilakukan pemasangan labelisasi masjid NU. “Kita berharap, semoga dalam momentun 1 Abad NU nanti bisa memberikan kado terbaik, yakni genap 100 masjid,” pungkasnya. (Vin)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA