Search

562 Peserta Lolos Seleksi Administrasi Beasiswa Al-Azhar Mesir, Yuk Cek Siapa Tahu Ada Namamu

Panitia Seleksi Program Beasiswa Kader Nahdlatul Ulama ke Universitas Al-Azhar, Mesir mengumumkan daftar peserta lolos seleksi tahap administrasi beasiswa.

Wakil Sekretaris Jenderal PBNU, M Silahuddin, mengatakan seleksi administrasi program beasiswa ini diikuti oleh 844 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia. Dari total 844 peserta tersebut, panitia telah menyeleksi dan 562 peserta dinyatakan lolos ke tahap tes selanjutnya.

“Pendaftarnya se-Indonesia, mulai dari Aceh sampai Merauke. Pendaftar ada 844 orang. Melalui proses seleksi administrasi itu, sudah kita arahkan ke 7 jurusan (4 jurusan agama, 3 jurusan umum),” terang Shilahuddin saat dikonfirmasi NU Online, Selasa (2/8/2022).

“Melalui seleksi berkas, yang lulus Ushuluddin ada 217 peserta, Syari’ah 141 peserta, Dirasat Islamiyah ada 84, Bahasa dan Sastra Arab 73 peserta, Kedokteran ada 32 peserta, Teknik ada 4 peserta, Bahasa dan Terjemah ada 11 peserta,” katanya.

Baca Juga:  Raih Juara 1 Madrasah Fest Kementerian

Peserta lolos administrasi, tambah Silah, merupakan pendaftar yang memenuhi seluruh persyaratan seperti menyertakan ijazah keluaran Kementerian Agama (Kemenag) dengan tahun keluar maksimal 2020, surat rekomendasi dari pondok pesantren, surat rekomendasi dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat, Ijazah, dan Syahadah Tahfidz minimal hafalan dua juz.

“Untuk pendaftar Fakultas Kedokteran dan Teknik disarankan menggunakan ijazahnya peminatan IPA, semuanya harus di bawah Kemenag. Selain itu tidak bisa. Syaratnya adalah ijazah di bawah Kemenag baik yang Madrasah Aliyah Swasta atau Pendidikan Diniyah Formal (PDF),” ujarnya.

Peserta lolos seleksi berkas akan melanjutkan ke tahap seleksi tulis. Peserta wajib mengirimkan esai singkat berbahasa Arab menggunakan tulisan tangan dan diunggah ke laman https://beasiswa.nu.or.id/mesir/lolos-tahap-1 paling lambat tanggal 3 Agustus 2022, pukul 24.00 WIB. Adapun ketentuan esai adalah maksimal satu halaman kertas ukuran A4 dengan tema “Saya Sebagai Nahdliyin”.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA