Search

Vaksinasi Covid-19 Dosis ke -4 Sasar Nakes

Vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booser kedua bagi tenaga kesehatan atau nakes akan mulai dilaksanakan pada hari ini, Jumat (29/7/2022). Hal ini sesuai surat edaran bernomor HK.02.02/C.3615/2022 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Kamis (28/7/2022).

Dalam surat edaran itu memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan kabupaten/kota melaksanakan vaksinasi dosis keempat untuk nakes.

“Mulai tanggal 29 Juli 2022 dapat dimulai pemberian vaksinasi Covid-19 dosis booster ke-2 (vaksinasi dosis keempat) bagi SDM (Sumber Daya Manusia) kesehatan,” tulis Dirjen P2P Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu.

Vaksinasi dosis keempat dilakukan dengan vaksin yang dapat persetujuan penggunaan darurat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Pemberian dosis keempat tersebut diizinkan dengan interval enam bulan sejak vaksinasi dosis ketiga atau booster pertama dilakukan.

Baca Juga:  Upacara di Istana

“Vaksinasi Covid-19 dosis booster ke-2 bagi SDM kesehatan dilakukan di fasilitas pelayanan dan atau pos pelayanan vaksinasi Covid-19,” ujar Maxi.

Sementara, Juru Bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Moh Syahril mengatakan, regulasi vaksinasi Covid-19 dosis keempat masih disiapkan untuk mesyarakat umum. Dia memastikan bahwa stok vaksin yang akan digunakan untuk dosis keempat telah tersedia.

“Tunggu saja ya berita resminya. Ini masih dipersiapkan semua khususnya regulasinya. Kalo vaksinnya sudah siap,” ujarnya dilansir dari kompas.com, Kamis (28/7/2022).

Menurut Syahril, nantinya vaksinasi Covid-19 dosis keempat terlebih dahulu diberikan kepada kelompok yang berisiko tinggi. Adapun yang tergolong kelompok berisiko tinggi antara lain nakes, lansia, imunocompromise atau orang yang memiliki masalah sistem imun, dan pelayan publik.

Baca Juga:  Omicron Meningkat, Presiden Minta Warga Tenang

“(Regulasi vaksinasi Covid-19 dosis keempat) masih disiapkan, tidak lama lagi,” tandasnya.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA