Search

Dosen dan Mahasiswa Unusa Ikuti Kegiatan Skill Development Program

Seratus lebih mahasiswa Unusa dan dosen pendamping lapangan mengikuti kegiatan Skill Develpoment Program. (Foto: NOJ/Humas)

Surabaya – Sekitar seratus lebih mahasiswa dari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) dan dosen pendamping lapangan mengikuti kegiatan Skill Develpoment Program. Kegiatan yang diadakan Indosat Ooredoo Hutchison, dan dosen serta mahasiswa tersebut tergabung dalam Program Fast Batch 1.

Founder Ideas Consulting Indonesia, Arih Budi Utomo menyampaikan materi tentang Pitching Strategy Communication Skill Development Program.

Budi sapaan akrabnya mengatakan,  istilah pitching adalah strategi untuk mengkomunikasikan ide-ide baru dan berusaha mendapatkan dukungan audiens terhadap ide-ide yang disampaikan.

“Proses komunikasi ditujukan untuk menciptakan penyampaian suatu pesan kepada orang lain, yaitu dengan komunikasi yang efektif.Komunikasi yang efektif artinya, bila terjadi pengertian, menimbulkan kesenangan, pengaruh pada sikap, hubungan yang semakin baik, dan perubahan perilaku,” ungkap Budi pada Rabu (27/07/2022) di Auditorium Lantai 9 Tower Unusa Kampus B nya.

Baca Juga:  89 Jamaah Haji Kloter 65 Lampung Berangkat ke Tanah Suci

Komunikasi yang efektif juga bisa diartikan terjadi bila ada kesamaan antara kerangka berpikir dalam bidang pengalaman. Yakni antara komunikator dengan komunikan.

“Untuk menciptakan komunikasi yang efektif maka harus dilakukan persiapan-persiapan secara matang terhadap seluruh komponen proses komunikasi, yaitu, komunikator, pesan, saluran komunikasi, komunikan, efek dan umpan balik,” ungkapnya.

Pria alumni Harvard Extension School ini menambahkan, identitas etnik merupakan konsep penting atau unsur-unsur penting dalam konsep diri. Orang berkomunikasi untuk menunjukkan dirinya eksis itu disebut aktualisasi atau eksistensi diri.

Konsep diri adalah pandangan kita mengenai diri kita, dan itu hanya bisa kita peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita. Melalui komunikasi dengan orang lain kita belajar bukan saja mengenai siapa kita, namun juga bagaimana kita merasakan siapa kita.

Baca Juga:  Peluncuran Perpres Revitalisasi Vokasi

“Keberhasilan komunikasi di dalam suatu organisasi akan ditentukan oleh kesamaan pemahaman antara-orang yang terlibat dalam kegiatan komunikasi,” jelas dia.

Kesamaan pemahaman ini dipengaruhi oleh kejelasan pesan, cara penyampaian pesan, perilaku komunikasi, dan situasi komunikasi. Komunikasi organisasi biasanya menggunakan kombinasi cara berkomunikasi baik lisan maupun tulisan yang memungkinkan terjadinya penyerapan informasi dengan lebih mudah dan jelas.

Arih Budi Utomo menjelaskan, keberhasilan komunikasi di dalam suatu organisasi akan ditentukan oleh kesamaan pemahaman antara-orang yang terlibat dalam kegiatan komunikasi. Kesamaan pemahaman ini dipengaruhi oleh kejelasan pesan, cara penyampaian pesan, perilaku komunikasi, dan situasi komunikasi.

“Komunikasi organisasi biasanya menggunakan kombinasi cara berkomunikasi baik lisan maupun tulisan yang memungkinkan terjadinya penyerapan informasi dengan lebih mudah dan jelas,” katanya.

Baca Juga:  Kapolri Minta yang Sudah Libur agar Mudik Duluan

Sedang kegagalan utama komunikasi salah satunya karena munculnya gangguan akibat dari hubungan yang tidak baik antara komunikator dengan komunikan.

“Ini terjadi karena adanya rasa frustasi, kemarahan, atau kebingungan diantara keduanya. Oleh sebab itu, agar komunikasi efektif, maka perlu adanya tindakan memperbaiki hubungan antara komunikator dengan komunikan terlebih dahulu,” pungkasnya.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA