Search

Lestarikan Budaya, LESBUMI NU Gelar Jamasaran dan Pameran Pusaka

Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesi (Lesbumi) PCNU Blora bersama pelestari budaya bakal menggelar jamasan dan pameran pusaka. Kegiatan bertajuk kebudayaan ini rencana dilaksanakan sekretariat Kraton Jipang, di jalan bandara Ngloram, pada Minggu, 31 Juli sampai 1 Agustus 2022 mendatang, rencana dibuka langsung Bupati Blora.

Ketua panitia, Hariyadikus menegaskan bahwa kegiatan ini untuk melestarikan budaya, dimana Blora pernah menjadi satu titik sejarah penting dalam penyebaran Islam, dimana Arya Jipang sebagai pewaris raja ke 5 dari kerajaan Islam Demak.

“Peninggalan pusaka dari eyang Haryo Jipang adalah lontar juga keris ageman pribadi raja waktu itu yang bergelar Kanjeng Kyai Ageng Ronggo Brojo,” terangnya.

Selain dihadiri oleh pegiat budaya lokal Cepu, Blora serta dari Padangan, Bojonegoro. Rencana kegiatan akan dihadiri para pegiat budaya sekitar kabupaten Blora, antara lain Toyopadasan Blora, Rojo Abolo Rojo Blora, Mahameru Blora, Irul keris Pati, Kanigoro Pati, Panji Malwapati Pati, Panji Sumirat Rembang, Megalamat Tuban, Sapujagat Demak, Megalamat Bojonegoro, Aghni Bojonegoro, Pataka Bojonegoro, PPBPN Lamongan dan Kuntul Ngantuk Blora.

Baca Juga:  Krisis Pangan akibat Perang Rusia-Ukraina Bisa Dimanfaatkan Teroris

Bentuk kegiatan juga menarik, ada atraksi silat senam IPSI, ada penampilan barongan. Juga sebagai acara inti berupa kegiatan sarasehan, jamasan pusaka, pameran pusaka, serta ada bursa pemaharan pusaka Blora.

“Kegiatan ini terbuka bagi masyarakat, malam Minggu kita ada jamasan khusus pusaka kraton jipang, yaitu Kanjeng Kyai Ageng Ronggo Brojo. Minggu paginya dilanjutkan jamasan pusaka masyarakat, siapapun bisa ikut meramaikan kegiatan tersebut,” ajak Hariyadikus.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA